19 Orang Kafilah Agam Melaju ke Partai Final MTQN 39 Sumbar

19 Orang Kafilah Agam Melaju ke Partai Final MTQN 39 Sumbar
19 Orang Kafilah Agam Melaju ke Partai Final MTQN 39 Sumbar
19 Orang Kafilah Agam Melaju ke Partai Final MTQN 39 Sumbar

Agam,  Humas -- Rabu (17/11) Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional ke 39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat masuki babak Final. Dari 76 orang kafilah Kabupaten Agam yang bermusabaqah di 68 golongan, 17 golongan lolos ke babak final. 

Dengan total jumlah 19 orang maju sebagai Finalis, Kafilah Kabupaten Agam menempatkan lebih banyak kafilah di partai final dibanding MTQN ke 38 di Kota Solok. Di kota Solok sebelumnya Kabupaten Agam menempatkan 16 orang kafilah di partai final dan keluar sebagai peringkat ke 6 dengan total nilai 42 poin hasil dari perolehan 4 emas,  6 perak dan 4 perunggu ditambah 1 emas dan 1 perak dari cabang lomba ekshibisi yang tidak dihitung sebagai poin yang menentukan. 

Dengan peningkatan jumlah kafilah Kabupaten Agam yang melangkah ke babak Final, pimpinan Kafilah Kabupaten Agam H. Marjanis mengungkapkan optimismenya dan berharap untuk memperbaiki peringkat Kabupaten Agam pada MTQN ke 39 Tingkat Prov. Sumbar di Padang Panjang. 

"semoga dengan peningkatan jumlah kafilah Kabupaten Agam yang maju ke babak final juga membawa peningkatan yang signifikan terhadap peringkat Kabupaten Agam dari 19 Kabupaten/Kota yang ikut bermusabaqah," ungkap Marjanis. 

Senada dengan itu Kabag Kesra Pemda Agam Surya Wendri menyampaikan hal serupa. 
"Semoga pada MTQN ke 39 Tingkat Sumbar di Kota Padang Panjang perolehan medali Kabupaten Agam meningkat dari sebelumnya.  Dan semoga anak-anak kita yang berlomba di partai final sehat wal afiat dan mampu mengeluarkan potensi maksimalnya sehingga bisa menjadi pemuncak pada setiap cabang musabaqah yang diikuti," harapnya. 

Berdasarkan data dari sekretariat Kafilah Kabupaten Agam,  17 golongan yang masuk final adalah golongan Khat Naskah Putra,  Khat Naskah Putri,  Khat Hiasan Mushaf Putri,  Khat Dekorasi Putra, Khat Dekorasi Putri,  Khat Kontemporer Putra.

Selanjutnya golongan Kitab Standar Putra,  Fahmil Qur'an Putri,  Bintang Qasidah Anak-anak Putra,  Bintang Qasidah Anak-anak Putri,  Bintang Qasidah Remaja Putra,  Hafalan Hadis 500 Putra,  Hafalan Hadis 500 Putri. 

Kemudian Empat golongan lagi adalah Tafsir Bahasa Indonesia Putra,  Tafsir Bahasa Arab Putri,  Tafsir Bahasa Inggris Putri dan Tilawah Remaja Putri. Adapun Musabaqah yang merupakan cabang ekshibisi adalah Hafalan Hadis,  baik hafalan hadis 100 maupun 500 hadis. Alwi