Azizul Hayati Lantik 18 Bantara MAN 1 Agam

Azizul Hayati Lantik 18 Bantara MAN 1 Agam

Maninjau Humas, Hari ini Sabtu, 20 November 2021, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Agam selaku  Ka Mabigus Gudep 109/110 ambalan Buya Hamka dan Rasuna Said MAN 1 Agam melantik 18 orang penegak  menjadi Bantara. Pelantikan ini dilaksanakan dalam upacara khusus di lapangan utama MAN 1 Agam. Hadir dalam upacara pelantikan tersebut para Pembina dan seluruh siswa MAN 1 agam. 

M.Syukur selaku Waka Kesiswaan MAN 1 Agam menjelaskan pelantikan penegak menjadi Bantara ini adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan atas dasar  kompetensi dan  kecakapan khusus yang berlaku di kepramukaan.

"Tahapan demi tahapan sudah kita lakukan dalam rangka membina, mendidik dan mengevaluasi, mulai dari status Calon Bantara, sampai kepada dikukuhkanya menjadi Bantara,”jelasnya.

Lebih lanjut M. Syukur menambahkan, “ untuk saat ini tercatat 40 orang Bantara di MAN 1 Agam, dari jumlah tersebut 22 orang duduk dikelas XII, sementara mereka akan menamatkan pendidikanya di MAN ini, tentu sebuah keharusan bagi kita untuk mempersiapkan penggantinya agar tidak terjadi stagnasi di tubuh Bantara.” Jelasnya.

Dalam sambutanya Ka Mabigus Azizul Hayati menyampaikan amanat di hadapan Pembina dan peserta upacara terkhusus kepada Bantara yang baru dilantik.

”Dalam perjalanan pramuka MAN 1 Agam sudah beberapa kali menjadi Duta dan utusan Kabupaten di jambore tingkat Kabupaten dan Propinsi, maka kedepan diminta kepada peserta untuk meningkatkan dan berperan aktif sebagai garda terdepan depan dalam menjalankan seluruh amanat dari Try Satya dan Dasa darma, dan menjadi tauladan yang bisa di ikuti oleh yang lain.” tegasnya.

Dalam beberapa tahun belakangan Track Record Pramuka di MAN 1 Agam tidak bisa di kesampingkan eksistensinya, secara factual benyak memberikan sumbangsih dan kontribusinya bagi Instansi Pemerintahan. Sebut saja keikutsertaannya dalam Jambore PIK-R Tingkat Sumatera Barat sebagai utusan Kabupaten Agam tahun 2019  dan banyak lagi even yang telah di jamah dan menjadi yang terbaik.

Nelda Selaku salah seorang Pembina Pramuka di MAN 1 Agam menyatakan, harapannya.

”Banyak harapan harapan yang kita titipkan ke Bantara dan anggota Pramuka untuk mereka wujudkan di masa mendatang, agar mereka bisa mengembangkan sayap prestasinya di pentas yang bergengsi, tentu semuanya itu akan tercapai dengan usaha yang maksimal baik dari Guru guru dalam membina dan mengarahkan mereka maupun dukungan moral yang penuh, ”Jelasnya.

Pramuka merupakan salah satu Ekstra kurikuler wajib bagi setiap Madrasah yang dijamin keberadaanya dalam Kurikulum, sebagai media dalam menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar menumbuhkan kecakapan  dan menanamkan nilai nilai kemandirian dalam kehidupanya serta bertanggung jawab secara individual dan sosial ( Hasnan)