Kepala MAN 2 Pasaman Ingatkan 4 Tugas Pokok Saat Supervisi Guru

Kepala MAN 2 Pasaman Ingatkan 4 Tugas Pokok Saat Supervisi Guru

Pasaman, Humas -- Kepala MAN 2 Pasaman M. Yanto Sabtu (20/11) bersama para wakil madrasah melaksanakan supervisi terhadap guru-guru  yang berlangsung selama satu minggu.

Yanto mengatakan ada 4 tugas pokok kepala madrasah pertama pengembangan madrasah, kedua managerial , ketiga kewirausahaan dan keempat supervisi.

Lebih dalam Yanto menjelaskan, supervisi yang dilaksanakan terhadap guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Pelaksanaan salah satu tupoksi kepmad yang berpedoman kepada keputusan Mentri agama Republik Indonesia No 624 tahun 2021 tentang pedoman supervisi pembelajaran pada madrasah.

Selanjutnya, bertujuan mewujudkan penjaminan, pengendalian, dan perbaikan mutu pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kompetensi abad ke-21. Ada 7 Kompetensi yang harus dimiliki peserta didik, yakni kompetensi etika, organisasi dan manajemen, keterampilan dan negosiasi, berfikir kritis, percaya diri dan kompetensi menguasai teknologi. Semua kompetensi ini tentu diramu oleh guru di dalam proses pembelajaran.

Terpisah,  Waka kurikulum Desmita  menambahkan tujuan supervisi di madrasah untuk memberikan pembinaan pada guru-guru sehingga mampu meningkatkan kualitas kinerja dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Apalagi untuk menghadapi ujian semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 

Menurutnya, dengan diadakan pelaksanaan supervisi bisa mengetahui tentang kemampuan para guru-guru dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) dan juga untuk memberi daya tarik pada guru untuk kesiapan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.(Nur Abidah) abie78 *rzk