Muhadharah MAN 1 Kota Padang Kembali Menggeliat

Muhadharah MAN 1 Kota Padang Kembali Menggeliat

Padang (Humas) - MAN 1 Kota Padang kembali menggelar kegiatan muhadharah untuk pertama kalinya setelah pelaksanaan PBM tatap muka.  Kegiatan ini dilaksanakan hari Jum’at (19/11/2021) dihalaman madrasah. Kegiatan yang bertujuan sebagai ajang penampilan bakat  siswa ini berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Muhadharah yang berlangsung dengan penuh khidmat tersebut dihadiri oleh Kepala MAN 1 Kota Padang, Hj. Marliza, Waka Madrasah, dan tenaga pendidik serta kependidikan.

Pada kegiatan muhadarah tersebut yang tampil sebagai pengisi acara adalah siswa Kelas XII MAN 1 Kota Padang. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci al Qur’an yang dilantunkan dengan merdu oleh Putra Dwi Wahyu. Kemudian dilanjutkan dengan pidato bahasa Arab yang dibawakan sangat memukau oleh Muhammad Gaffar, dengan tema menuntut ilmu.

Dalam pidatonya, Gaffar menyampaikan bahwa menuntut ilmu tersebut merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam secara individu. “Menuntut ilmu itu tidak dibatasi usia sesorang, dari kecil sampai usia tua diwajibkan selalu menuntut ilmu”, tegas Gaffar.

Penampilan Gaffar membawakan pidato berbahasa Arab berhasil memukau para guru dan siswa MAN 1 Kota Padang. Dia membawakannya dengan gaya dan ekspresi yang menarik sehingga audiens memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penampilannya.

Kepala MAN 1 Kota Padang, Hj. Marliza dalam sambutannya menyampaikan pujian dan apresiasi terhadap penampilan siswa Kelas XII. Kepala Madrasah mengajak para siswa untuk mempersiapkan diri dengan kompetensi dalam berbahasa, salah satunya menggunakan bahasa asing dalam berpidato. Kemampuan ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menyerahkan pendidikan anaknya di madrasah.

Pada kesempatan tersebut, Hj. Marliza juga melaunching Program Inovasi Madrasah dengan menetapkan hari  Jum’at sebagai hari berbahasa asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa dalam berbicara bahasa asing. Dalam pelaksanaannya, siswa disambut oleh guru dengan menggunakan kedua bahasa asing tersebut, sehingga terjadi komunikasi secara dua arah.

Kegiatan muhadharah juga disi dengan penampilan seni diantaranya nasyid dan musikalisasi puisi. Pada akhir kegiatan dilakukan  penyerahan piala yang diperoleh siswa dan guru pada Pekan Olahraga Madrasah (POMAD) 2 yang dilaksanakan MGMP PJOK Kemenag Kota Padang. Dalam POMAD tersebut MAN 1 Kota Padang berhasil meraih Juara Umum dengan memperoleh medali emas cabang atletik, dua medali perak pada cabang futsal dan badminton. (Rahmi14/Tyo/Aris/AJ)