Siswa MAN 4 Agam menjadi Pemenang Lomba Gebyar Literasi Agam 2021

Siswa MAN 4 Agam menjadi Pemenang Lomba Gebyar Literasi Agam 2021
Siswa MAN 4 Agam menjadi Pemenang Lomba Gebyar Literasi Agam 2021

Senin (22/11/2021) siswa MAN 4 Agam kembali menorehkan prestasi. Prestasi kali ini diperoleh dari lomba menulis esai dalam rangkaian acara Gebyar Literasi Agam 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab. Agam. Dira Putri Ayu, siswa kelas XII jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) MAN 4 Agam memperoleh predikat terbaik ketiga dalam lomba menulis tersebut.

Acara pembagian hadiah dilaksanakan di SMPN 4 Angkek, Batu Taba. Sebelum penyerahan hadiah, kegiatan dibuka dengan Talkshow yang menghadirkan Duta Baca Sumatera Barat, Mardhiyan Novita MZ, M Subhan editor dan penggiat literasi Sumbar,  dan Mulyadi Wijaya peraih penghargaan Best Practice Pengawas Tingkat Nasinal Tahun 2019. Ketiga narasumber sangat menginspirasi peserta untuk senantiasa membaca dan menulis.

“Jika ingin mengenal dunia, membacalah. Sebaliknya, jika kita ingin dikenal dunia, menulislah. Kita tidak akan pernah punya waktu luang untuk menulis, tetapi luangkanlah waktu kita untuk menulis, ungkap Mulyadi Wijaya menyemangati seluruh peserta yang hadir.

Hadiah untuk para pemenang lomba Gebyar Literasi Agam diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar, yang menyempatkan hadir pada acara itu. Dira Putri Ayu, merasa senang dan bangga dapat bertemu langsung dengan orang nomor 1 di Sumatera Barat itu. Momen kebahagian itu diabadikan dengan foto bersama Buya Mahyeldi.

“Sangat bahagia dan bangga bisa bertemu dengan orang-orang hebat. Apa yang Dira peroleh hari ini, akan menjadi motivasi untuk lebih giat lagi membaca dan menulis, ujarnya dengan penuh haru kepada pembimbingnya, Yurisa, yang ikut mendampingi pada acara itu.

Siswa yang menjabat sebagai koordinator bidang pendidikan OSIM MAN 4 Agam ini menerima apresiasi berupa tropi, sertifikat, dan tabungan senilai Rp 1.500.000,00. Naskah yang ditulis oleh Dira bertema kearifan lokal yang ada di sekitar tempat tinggalnya, yaitu Kenagarian Koto Gadang yang berada di Kecamatan Koto Kaciak, Kab. Agam. Tulisannya berjudul Ratik Tulak Bala di Kenagarian Koto Gadang Maninjau.

Prestasi yang diperoleh Dira ini merupakan buah dari kebiasaannya membaca dan menulis. Apalagi MAN 4 Agam juga telah melaksanakan program gerakan literasi madrasah. Pengurus aktif OSIM dan Gerakan Pramuka Gudep 09.111—09.112 Pangkalan MAN 4 Agam ini, selalu meluangkan waktu untuk membaca dan menulis di sela-sela kesibukannya. Beberapa waktu lalu, Dira juga menjadi salah satu pemenang lomba menulis resensi yang diadakan oleh Perpustakaan MAN 4 Agam.

Zulfahmi, Kepala MAN 4 Agam merasa sangat bangga atas prestasi yang diperoleh siswanya. “Terus belajar dan tingkatkan kemampuan literasi Ananda. Semoga kelak menjadi anak yang sukses, ujar Pak Mimi.

Tak hanya Kepala Madrasah, prestasi ini menjadi kebanggaan bagi seluruh warga MAN 4 Agam. Prestasi yang diraih oleh Dira menjadi motivasi bagi warga madrasah untuk lebih giat dan aktif dalam berliterasi. Semoga semakin tinggi minat baca dan menulis seluruh warga madrasah hingga mencetak generasi yang bertakwa, berprestasi, berbudaya literat, dan mencintai lingkungan sesuai dengan visi dan misi MAN 4 Agam. Yurisa