Wujudkan Generasi Qur'ani, Baznas Padang Panjang Gelar Anugerah Hafizh 2021

Wujudkan Generasi Qur'ani, Baznas Padang Panjang Gelar Anugerah Hafizh 2021
Wujudkan Generasi Qur'ani, Baznas Padang Panjang Gelar Anugerah Hafizh 2021

Padang Panjang, Humas_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menghadiri acara Anugerah Hafizh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang Panjang kepada siswa SD, SMP, SMA kategori 1 s.d 5 Juz dengan jumlah peserta 255 orang di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano dan dihadiri oleh seluruh Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Padang Panjang.

Pada kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BAZNAS dengan Dinas Perdagkop Padang Panjang yang langsung disaksikan oleh Walikota H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano.

Turut menghadiri kegiatan ini dari unsur pimpinan Forkompinda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat, Lurah, segenap pimpinan baznas, serta pimpinan rumah Tahfizh, TPQ dan MDTA se-Kota Padang Panjang.

Walikota Fadly Amran mengapresiasi kegiatan yang diadakan BAZNAS ini dengan harapan menambah motivasi anak-anak didik di Kota Padang Panjang dalam menghafal Al-Qur'an.

“Ini kegiatan yang sangat luar biasa, kita berharap kedepannya menjadi agenda rutin, kalau perlu diadakan dua atau tiga kali setahun. Upayakan untuk masa mendatang rewardnya lebih besar lagi,” harapnya.

Walikota berharap bukan hanya para penghafal Al-Qur'an yang diberikan reward oleh baznas, melainkan juga bidang lainnya, seperti Tilawah, Tafsir serta bidang lain yang diperlombakan pada ajang MTQ. “Nanti BAZNAS bisa kerjasama dengan Bagian Kesra Setdako Padang Panjang,” tukasnya.

Dengan adanya kegiatan Anugerah Hafizh di Islamic Center Padang Panjang, tentunya akan membuat Masjid kebanggaan masyarakat Bumi Serambi Mekah itu semakin semarak dan makmur. “Harus diperbanyak kegiatan keagamaan serupa di Islamic Center ini untuk eksistensi Bumi Serambi Mekkah Kota Padang Panjang,” tutur Walikota Padang Panjang mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Alizar juga mengapresiasi Anugerah Hafizh BAZNAS 2021 ini, "pertama kalinya diadakan Baznas Padang Panjang yang merupakan program yang luar biasa dan patut didukung semua pihak," ujarnya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan akan muncul generasi yang Qur'ani, generasi yang senang membaca, menghafal dan mengamalkan alquran. Ketika penghafal alquran banyak muncul, Padang Panjang tidak akan kesulitan mencari kafilah untuk MTQ," tutur Kakankemenag.

“Kita ingin suatu saat nanti di Padang Panjang dilaunching sebagai Kota Tahfizh, karena disetiap Sekolah umum (SD, SMP, SMA) sudah ada kegiatan Tahfizh, apalagi di Madrasah, TPQ, MDTA. Rumah Tahfizh pun banyak bermunculan. Ini merupakan modal yang sangat luar biasa,” tukasnya.

H. Alizar menambahkan bahwa dengan menghafal Al-Qur'an membuat anak menjadi cerdas. Ketika akan masuk Perguruan Tinggi, banyak fasilitas bagi mereka yang Hafizh Qur'an, misalnya masuk tanpa tes, gratis uang kuliah dan fasilitas lainnya.

“Anak-anakku sekalian, teruslah menghafal hingga 30 juz. Pelajari ilmu lain yang berkaitan dengan Al-Qur'an,” pesannya kepada peserta Anugerah Hafizh BAZNAS Kota Padang Panjang Tahun 2021.

Ketua Baznas Syamsuarni menyebutkan bahwa, kegiatan ini diikuti 255 orang peserta. Hafalan yang dinilai mulai dari 1 juz (maksimal kelas 3 SD), 2 juz (maksimal kelas 6 SD) dan 3 juz (maksimal kelas 3 SMP), serta 5 juz (maksimal 3 SMA).

“Adapun untuk kategori khusus imam Masjid dengan hafalan 3 juz, yang mendaftar hanya 1 orang. Semoga kedepannya lebih banyak lagi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan serupa,” harapnya.

Baznas akan memberikan reward berupa sertifikat dan beasiswa kepada peserta yang lulus seleksi. Untuk 1 juz beasiswanya sebesar Rp.350 ribu, 2 juz sebesar Rp. 500 ribu, 3 juz sebesar Rp.750 ribu dan untuk 5 juz Rp. 1 juta. “Peserta terbaik masing-masing kategori, penghargaannya nanti akan diserahkan ketika menyambut Hari jadi ke 231 Kota Padang Panjang yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2021,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Baznas dengan Dinas Perdagkop Padang Panjang dalam pemberdayaan ekonomi umat. Baznas memberikan modal usaha kepada Mustahiq dan pembinaan oleh Dinas Perdagkop Kota Padang Panjang.

Usai penandatanganan MoU, diserahkan modal usaha ekonomi produktif kepada perwakilan mustahiq, langsung oleh Walikota dan ketua BAZNAS disaksikan oleh Kakankemenag bersama seluruh unsur Pimpinan Forkompinda Kota Padang Panjang.(Adi)