Kasi PAIS Kemenag Agam : Moderasi Beragama Wajib Dimiliki Pengurus OSIS Masa Depan

Kasi PAIS Kemenag Agam : Moderasi Beragama Wajib Dimiliki Pengurus OSIS Masa Depan
Kasi PAIS Kemenag Agam : Moderasi Beragama Wajib Dimiliki Pengurus OSIS Masa Depan
Kasi PAIS Kemenag Agam : Moderasi Beragama Wajib Dimiliki Pengurus OSIS Masa Depan

Agam, Humas--Generasi muda merupakan cikal bakal pemimpin masa depan yang akan membawa arah dalam kemaslahatan umat ke depan dengan gaya hidup, gaya bergaul, dan gaya memimpinnya.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama kabupaten Agam, H. Mursal Asmir di sela-sela penyampaian materi Moderasi Beragama dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS pada hari Selasa (23/11) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Raya

Hadir dalam kegiatan ini Kepala SMKN 1 Tanjung Raya, Permi, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Erlina, Guru Pendidikan Agama Islam, Masnur dan Syafri Edi dengan peserta yang berjumlah 60 orang Pengurus OSIS SMKN 1 Tanjung Raya.

Dalam penyampaian materinya, H. Mursal Asmir menekankan bahwa Moderasi Beragama ini merupakan sikap yang mutlak harus dimiliki semua pengurus OSIS dalam menjalankan roda organisasi, baik ketika berhadapan dengan teman sejawat, dengan guru, pimpinan sekolah ataupun masyarakat sekitar wajib mengedepankan toleransi dan saling menghargai, sehingga nantinya apapun program yang akan djalankan oleh pengurus nantinya akan berjalan dengan baik.

"Inti dari Moderasi beragam ini adalah bagaimana sikap kita ketita ada perbedaan dalam menjalankan agama kita sendiri maupun ketika kita berhadapan dengan kawan-kawan sejawat maupun masyarakat yang beda keyakinan dengan kita, sehingga semua program akan berjalan dengan maksimal", imbuh H. Mursal lagi.

Dalam kegiatan ini Kepala SMKN 1 Tanjung Raya, Permi mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus OSIS SMKN 1 Tanjung Raya yang baru saja dilantik dan hari ini mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan materi yang cukup padat.

"Salah satu materinya adalah Moderasi Beragama di sekolah yang merupakan materi unggulan, karena dengan materi ini diharapkan seluruh pengurus OSIS yang ada dapat menjalankan roda organisasi dengan penuh tanggungjawab dan menimbang semua pihak dalam mengambil keputusan guna kemaslahatan organisasi", ujarnya.

Menegaskan hal tersebut, salah seorang guru Pendidikan Agama Islam SMKN 1 Tanjung Raya, Masnur menuturkan bahwa saling menghormati, saling menghargai, toleransi dan memahami agama dengan maksimal adalah inti dari Moderasi beragama. Ketika agama dipahami secara menyeluruh baik dari sisi akidah, ibadah, dan sosial, maka hubungan kita dengan masyarakat dalam sekolah maupun luar sekolah akan berjalan dengan baik.

Syafri Edi yang juga merupakan guru PAI SMKN 1 Tanjung Raya berharap bahwa materi Moderasi beragama yang merupakan materi luar biasa akan menciptakan generasi yang bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan yang selalu berubah dan berkembang. Syef