Kepala Kantor, jadi Pembina Upacara di MTsN 4 Pasaman Barat

Kepala Kantor, jadi Pembina Upacara di MTsN 4 Pasaman Barat

Pasaman Barat, Humas – Hari guru yang diperingati setiap tahun, idealnya bukan sebatas agenda rutin, atau momen serimonial semata. Banyak momen, motivasi dan kenangan dari peringatan hari guru, yang diselanjutnya disebut juga sebagai hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Hari Kamis, 25 November 2021, secara nasional dirayakan sebagai peringatan hari guru, yang merayakan setiap tahun. Upacara peringatan hari PGRI, bukan saja kalangan instansi pemerintah pada setiap satuan dan tingkatan, termasuk lembaga pendidikan.

Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Pasaman Barat, peringatan hari guru tahun 2021 dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, Muhammad Nur, didampingi Pranata Humas Ahli Muda, Gusmizar. Pada kesempatan itu, kepala kantor bertindak sebagai pembina upacara.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, dalam sambutan tertulis yang dibacakan, Muhammad Nur, mengatakan, HGN (Hari Guru Nasional), seperti diperingati bari ini (Kamis-red), merupakan bentuk dari pengakuan negara atas besarnya peran dan kiprah guru dalam mencerdaskan generasi bangsa dan mengisi kemerdekaan.

Secara nasional, jelasnya, Kementerian Agama terus melakukan pembinaan, meningkatkan kepedulian dan perhatian terhadap guru bersama warga di setiap madrasah. Lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Agama, mulai tingkat pra sekolah atau Raudhatul Adfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs, Madrasah Aliyah (MA), hingga perguruan tinggi.

“Kementerian Agama pada setiap tingkatan, demi pendidikan dan masa depan anak negeri, harus peduli dengan guru. Di antara bentuk kepedulian dimaksud adalah, program afirmasi untuk guru madrasah dan pendidikan agama, tentu dengan mengkatkan kualitas, kemampuan dan kompetensi guru,” ujar kepala kantor, mengutup Menteri, Yaqut.

Dijelaskan Manteri, pada program afirmasi yang dilaksanakan sepanjang tahun 2021, pihaknya telah dan akan mencairkan dana Tunjangan Profesi Guru (TPG), baik bagi guru madrasah maupun guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di lingkungan pemerintah daerah, dengan alokasi anggaran mencapai Rp9,9 triliun untuk 307.380 guru (PNS dan Non PNS).

Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmayenti, menyampaikan, HGN yang diikuti warga madrasah yang dipimpinnya hari ini (Kamis-red), bukan sebatas ajang formalitas, dengan melaksanakan serangkaian kegiatan. HGN yang dilengkapi dengan menampilkan satu paket kuis drama, momen kreativitas siswa, beberapa jenis lomba.

HGN tahun ini (2021-red), tambah kepala madrasah itu, juga sebagai sarana motivasi bagi guru bersama tenaga kependidikan, para siswa, bersama warga MTsN 4 Pasaman Barat. Dalam hal prestasi, beberapa orang siswanya, berhasil meraih juara di kegiatan yang mereka ikuti. Memberikan penghargaan kepada guru berprestasi, guru trampil, guru cerdas, dan sebagainya. (zar)