Muhmmad Nur. Guru Profesi Mulia

Muhmmad Nur. Guru Profesi Mulia

Pasaman Barat, Humas – Sukses atau tidaknya seorang guru menjalankan tugas yang diemankan kepadanya, dan berhasil atau tidaknya bersangkutan menjadi panutan bagi peserta didiknya dan warga madrasah yang lain, bukan ditentukan orang lain, melainkan dirinya sendiri.

Penjelasan ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, ketika melakukan pembinaan bagi kepala madrasah bersama perangkatnya, Kaur Tata Usaha dengan jajaran, dan majelis guru di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Pasaman Barat, Simpang Empat, Kamis (25/11) siang.

Sebesar apapaun pangkat atau jabatan, dan selengkap apapun jenjang pendidikan yang diraih, katanya, tidak terlepas dari peranan guru. Untuk itu, orang-orang yang hingga saat in mendaat atau bekerja sebagai guru, bukan sekedar satu dari sekian bentuk pekerjaan.

Guru, terang Muhammad Nur, lagi adalah pekerjaan mulia, dan dari segi tuntunan agama (Islam)-nya, nilai kebajikan dan pahala atas profesi seseorang menjadi guru akan mengalir setiap saat. Dari segi keduniawiannya, orang-orang yang berprofesi sebagai tenaga pendidik, dikenal juga sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Selagi masih ada waktu dan kesempatan, ikuti serta jalankanlah profesi guru yang diamanahkan kepada yang bersangkutan dengan ikhlas, professional, dan penuh rasa tanggungjawab. Kiranya, Allah Yang Maha Kuasa,memberikan kekuatan kepada dirinya.

Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmayenti, didampingi Kaur Tata Usaha, Azwar Anas di tempat yang sama meyampaikan, pada peringatan hari guru tahun 2021, pihaknya melaksanakan beberapa kegiatan dengan melibatkan guru bersama peserta didiknya.

Selain penampilan satu seri drama yang ditampikan siswa/siswi, tambah Gusmatent, di madrasahnya juga dilaksanakan lomba cerdas tangkap secara mandiri bagi para siswa. Untuk kalangan peserta didik dan tenaga kependidikan, dilaksanakan lomba membuat rujak secara berkelompok. (zar)