DMI Lima Puluh Kota Gelar Pembinaan Manajemen Pengurusan Masjid

DMI Lima Puluh Kota Gelar Pembinaan Manajemen Pengurusan Masjid

Lima Puluh Kota, Humas -- Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota gelar pelatihan dan Pembinaan  Manajemen Pengurusan Masjid Besar dan masjid Jami' se Kabupaten Lima Puluh Kota, pada Kamis (25/11), di aula kantor tersebut.

Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lima Puluh Kota, H. Naharudin, yang membuka sekaligus memberikan materi pada kegiatan Pelatihan tersebut. Kegiatan pembinaan ini digagas oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Lima Puluh Kota, melalui Seksi Bimas Islam.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor menjelaskan bahwa masjid, selain tempat beribadah, juga sebagai tempat musyawarah, sarana dakwah, tempat pengembangan ekonomi syariah, dan tempat  kegiatan yang bermanfaat.

“Strategi dalam kontek memakmurkan masjid dapat dimaknai sebagai suatu usaha untuk megoptimalisasi fungsi dan peran masjid sebagai aset. Kehadiran masjid harus dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, terkhusus bagi jamaah masjid itu sendiri,” papar Naharudin.

Selanjutnya Naharudin mengurai, bahwa  upaya memakmurkan masjid dapat dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh beberapa orang. Tingkat memakmurkan masjid akan sangat dipengaruhi oleh kepengurusan masjid (ta’mir).

“Tanpa peran ta’mir yang solid, maka masjid nyaris sepi dari semua kegiatan ibadah. Masjid seringkali menjadi simbol kebesaran Islam, namun saat ini masjid kerapkali jauh dari kegiatan-kegiatan untuk memakmurkannya, bahkan lebih sering sepi dari aktifitas. Disinilah peran pengurus masjid snagat dituntut. Kedepan kita berharap, masjid di Kabupaten Lima Puluh Kota semakin memiliki perasn yang baik, untuk masyarakt Lima Puluh Kota yang madani,” pungkas Kepala Kantor.

Nur Akmal, selaku Ketua Panitia, dalam sambutannya menyebutkan, peserta yang ikut dalam pelatihan ini berjumlah 50 orang. Mereka adalah pengurus masjid besar dan jami’ di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ada 13 masjid besar di Kabupaten Lima Puluh Kota. Tersebar di 13 Kecamatan. Masjid Jami’ juga tersebar di masing-masing nagari dengan total jumlahnya sebanyak 79 masjid.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DMI Provinsi Sumatra Barat, Agusrianto, M. Pd, Ketua DMI Lima Puluh Kota, Akmul DS, dan Pimpinan Bank Nagari Syari’ah. (Nina)