Eazy Pasport, Upaya Pelayanan Terbaik Untuk Jamaah Calon Haji

Eazy Pasport, Upaya Pelayanan Terbaik Untuk Jamaah Calon Haji

Lima Puluh Kota, Humas -- Upaya pelayanan terbaik bagi masyarakat diberbagai bidang terus ditingkatkan Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota. Tak terkecuali dalam pelayanan penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Kementerian Agama Kab. Lima Puluh Kota, melalui Seksi Penyelenggara haji dan Umrah, bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, melaksanakan pelayanan pembuatan pasport bagi Jamaah Calon Haji (JCH) melalui program Eazy Pasport, Selasa (30/11), di aula kantor tersebut.

Mewakili Kepala Kantor, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Zakaria, membuka kegiatan yang dihadiri oleh 22 orang Jamaah Calon Haji Kabupaten Lima Puluh Kota. Dalam sambutannya, Zakaria menyebut, pelayanan Eazy Pasport ini diperuntukkan bagi Jamaah Calon Haji yang baru atau yang akan memperpanjang masa berlaku pasport mereka. 

“Baik yang baru atau memperpanjang pasportnya tetap kita layani di sini.Pelayanan ini merupakan upaya memberikan  kemudahan bagi Jamaah Calon Haji dalam pengurusan pasport. Kita bersyukur pihak Imigrasi mempunyai program seperti ini. Kita sangat terbantu dengan program ini,” ungkap Zakaria.

Zakaria menambahkan, pandemi yang melanda Indonesia, khususnya Sumatra Barat, sangat membuat ruang gerak masyarakat terbatas, termasuk dalam pengurusan pasport jamaah. "Bersama kesulitan yang kita hadapi akibat pandemi Covid-19, ada ruang kemudahan yang Allah berikan untuk mempermudah jamaah dalam pengurusan  kelengkapan dokumen ibadah haji. Inilah salah satu bukti bahwa Allah akan mempermudah segala niat baik kita," ujar Zakaria.

Menutup, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah ini berharap tahun 2022 jamaah bisa berangkat melaksanakan ibadah haji, dan segala kelengkapan dokumen perjalanan ibadah haji jamaah, bisa kita selesaikan,” tutup Zakaria.

Bagus Dwi Putra, SE, Kepala Sub  Bagian Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, dalam sambutannya menyebutkan, munculnya program Eazy pasport pada Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Agam dikarenakan masa pandemi yang melanda semenjak tahun 2020. 

“Kami dari kantor Imigrasi menyadari, masa pandemi cukup membuat masyarakat kesulitan dalam pengurusan dokumen perjalanan. Berbagai alternatif coba dirancang oleh Kantor Imigrasi guna melayani pengurusan dokumen perjalanan masyarakat. Salah satunya dalah pelayanan Eazy Pasport,” jelas Bagus.

“Eazy Pasport sebagai bentuk pelayanan kemudahan. Bukan hanya untuk dokumen perjalanan haji dan umrah, tapi untuk semua dokumen perjalanan. Layanan ini juga tersedia kepada siapa saja, Instansi/Lembaga, sekolah, ormas, universitas, maupun komunitas. Kami akan mendatangi lokasi sesuai surat permintaan. Semoga layanan ini bermanfaat dan memudahkan masyarakat,” tutup Bagus.(Nina)