Tiga Orang Guru MAN 1 Kota Bukittinggi Dinobatkan Sebagai Duta Inspiratif Kementerian Agama RI Tahun 2021

Tiga Orang Guru MAN 1 Kota Bukittinggi Dinobatkan Sebagai Duta Inspiratif Kementerian Agama RI  Tahun 2021
Tiga Orang Guru MAN 1 Kota Bukittinggi Dinobatkan Sebagai Duta Inspiratif Kementerian Agama RI  Tahun 2021

Bukittinggi, Humas--Prestasi membanggakan kembali datang dari MAN 1 Bukittinggi, kali ini tiga guru madrasah tersebut dikukuhkan sebagai Duta Inspiratif Kementrian Agama Republik Indonesia oleh Wakil Menteri Agama Zaiunut Tauhid Sa’adi, di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementrian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta beberapa waktu lalu.

Ketiganya adalah, Ernitha Thamrin, Zulkhairi dan Fitria merupakan guru di  MAN 1 Kota Bukittinggi.

Inovasi yang dilakukan oleh agen perubahan MAN 1 Kota Bukittinggi ini lebih ditekankan kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia guru dan peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi.

Agen perubahan Ernitha Thamrin menjadi duta inspiratif Kementrian Agama atas keberhasilannya melaksanakan program kerja dalam meningkatkan sumber daya manusia peserta didik dengan anti perundungan anti pembulian dalam tema “Kalam Jama’ i sebagai Media Kreatifitas Peserta Didik MAN 1 Kota Bukittinggi dalam menyukseskan Syiar Anak Negeri”.

Agen perubahan Zukhairi menjadi duta Inspiratif Kemenag atas keberhasilannya melaksanakan program “Pengembangan Robotik Madrasah Provinsi Sumatera Barat. Robotik murah meriah dari barang bekas".

Serta agen perubahan Fitria Ose menjadi duta inspiratif Kemenag dengan program pengembangan “Riset Madrasah Solusi Pengembangan Potensi Intelektual dan Daya Kritis Peserta Didik menjawab Era 4.0 di MAN 1 Kota Bukittinggi".

Pengukuhan ini dilaksanakan dalam rangkaian acara  pembinaan agen perubahan Kementerian Agama Tahun 2021 yang diberikan kepada 54 duta inspiratif berdasarkan KMA No.1151 tahun 2021 tentang penetapan agen perubahan sebagai duta inspiratif Kemenag RI tahun 2021.

Prosesi pengukuhan duta inspiratif Kemenag 2021 ini ditandai dengan pemasangan selempang serta penyematan pin dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan kepada 8 orang perwakilan agen Perubahan sebagai duta inspiratif oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dalam arahannya mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dalam rangka mewujudkan aparatur Kementerian Agama yang mampu memberikan pelayanan yang berkualitas, diperlukan keberlanjutan dalam melakukan perubahan mendasar, mulai dari pola pikir (mindset), budaya kerja (culture set), hingga keteladanan.

“Penggerak dan panutan anggota organisasi inilah yang sering kita sebut dengan agen perubahan (agent of change),” kata Zainut Tauhid Sa’adi, Senin (29/11/2021) lalu.

Pemberian penghargaan kepada agen perubahan pada kesempatan ini bukanlah akhir dari peran agen perubahan, justru harus dijadikan sebagai langkah awal dalam menunjukkan totalitas pengabdian sebagai ASN Kementerian Agama dalam mengakselerasi program prioritas Kementerian Agama,” harap Wamen.

“Saya akan mendorong peningkatan peran Agen Perubahan dalam implementasi reformasi birokrasi pada satuan kerja masing-masing, agar lebih banyak lagi satuan kerja di Kementerian Agama yang meraih predikat WBK dan WBBM,” ujar Wamen.

Selanjutnya 54 orang agen perubahan yang berasal dari berbagai daerah ini menuju Novotel Bogor untuk melanjutkan kegiatan pembinaan agen perubahan dengan tema Satu Barisan, Duta Inspiratif.

Satu barisan berarti dengan semangat untuk bangun reformasi birokrasi ASN sebagai individu bertalenta, inovatif, solutif dan berpikir kreatif. Dengan harapan bahwa setelah pembinaan ini terjadinya sinergitas yang baik di masing-masing unit kerja.

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Irsyad Syahar Jum’at (04/11), sebagai role model kepala madrasah merasa bangga atas capaian 3 orang Guru MAN 1 Kota Bukittinggi yang sudah terpilih sebagai Duta Inspiratif dan Agen Perubahan Kementrian Agama RI tahun 2021.

“Selamat kepada para agen perubahan semoga dapat  membawa perubahan lebih banyak lagi untuk kemajuan madrasah, semoga akan bermunculan duta inspiratif lainnya dari MAN 1 Kota Bukittinggi dan semoga menginspirasi kepada madrasah lain dan masyarakat pada umumnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Kasmir menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas pencapaian yang di lakukan Guru MAN 1 Bukittinggi.

Selamat kepada guru madrasah yang terpilih jadi duta inspiratif Kemenag RI tahun 2021. Semoga semakin sukses kedepannya. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran kepala madrasah sebagai role model. Mudah-mudahan dengan adanya duta Inspiratif Kemenag RI tahun 2021 dari MAN 1 ini bisa merangsang kita semua untuk lebih baik lagi. (Any/Syafrial)