Resmi Dibuka, Rangkaian Lomba dan Kegiatan Memeriahkan HAB ke 76 Tingkat Agam Dimula

Resmi Dibuka, Rangkaian Lomba dan Kegiatan Memeriahkan HAB ke 76 Tingkat Agam Dimula
Resmi Dibuka, Rangkaian Lomba dan Kegiatan Memeriahkan HAB ke 76 Tingkat Agam Dimula
Resmi Dibuka, Rangkaian Lomba dan Kegiatan Memeriahkan HAB ke 76 Tingkat Agam Dimula

Agam, Humas -- Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Republik Indonesia yang ke 76 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Agam dimulai. Hal itu ditandai dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam H. Marjanis di Aula Kantor Kemenag Agam di Lubuk Basung, Jum’at (3/12).

Acara pembukaan dihadiri seluruh Pejabat Pengawas Esselon IV di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Ketua DWP Nyonya Nel Marjanis dan Pengurus Dharmawanita Kemenag Kabupaten Agam, Kepala KUA dan Kepala Madrasah se Kabupaten Agam.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Agam mengungkapkan bahwa Kementerian Agama adalah eksistensi yang telah lama ada di NKRI. 76 Tahun adalah usia yang sudah sangat matang. Oleh karena itu selain rasa Syukur atas sumbangsih Kementerian Agama dalam mengisi pembangunan bangsa, insan-insan Kementerian Agama hendaknya terus berinovasi dan menunjukkan keunggulan dalam segala aspek untuk memajukan lembaga, bangsa dan negara, pungkasnya.

Pada peringatan Hari Amal Bakti yang ke 76, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam menggelar berbagai perlombaan. Diantaranya adalah lomba Merangkai Bunga Antar Dharmawanita dan Lomba Prosesi Akad Nikah antar Kepala KUA yang langsung digelar usai pembukaan.

Selain itu panitia yang diketuai H. Edi Zalman juga mengangkat berbagai perlombaan seni/keterampilan seperti lomba ceramah agama bagi penyuluh agama islam fungsional, lomba penilaian profil kua, profil Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Non PNS, lomba cepat tepat haji dan umrah, lomba media pembelajaran, lomba seni kreasi dan lomba praktek ibadah.

Juga ada Musabaqah qira’atul kutub (MQK), Lomba video profil kepala RA, MI, MTS dan MA, lomba madrasah young reseachers supercamp (myres), lomba penyelenggaraan jenazah, lomba video pembelajaran bagi guru RA, MI, MTS dan MA. Lomba praktek shalat, lomba penggiat zakat dan wakaf melalui media sosial, penilaian  mandiri pembangunan zona integritas dan penilaian realisasi anggaran. Juga ada pertandingan olahraga seperti Badminton dan Tenis Meja.

Selain lomba ada kegiatan sosial berupa pembagian sembako dan acara puncak berupa Upacara HAB dan penyerahan piagam penghargaan. Alwi