MAN 3 Agam Melaksanakan PAS Berbasis E-learning

MAN 3 Agam Melaksanakan PAS Berbasis E-learning
MAN 3 Agam Melaksanakan PAS Berbasis E-learning
MAN 3 Agam Melaksanakan PAS Berbasis E-learning
MAN 3 Agam Melaksanakan PAS Berbasis E-learning

Agam, Humas - Dalam mengukur dan mengevaluasi pencapaian kognitif dan psikomotor peserta didik maka perlu melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS). Tidak seperti semster sebelumnya, PAS di MAN 3 Agam pada semester ini dilaksanakan dengan berbasis komputer dan android. Sebanyak 296 siswa MAN 3 Agam melaksanakan PAS Semester Ganjil dari tanggal 29 November sampai dengan tanggal 10 Desember 2021.

MAN 3 Agam menggunakan aplikasi Elearning dalam melaksanakan PAS. Setiap siswa membawa android untuk mengikuti PAS. Sebanyak 30 siswa yang tidak memiliki android dikarenakan tinggal diasrama menggunakan komputer dilabor CBT. Wifi juga difasilitasi untuk kegiatan PAS ini. Meskipun terdapat beberapa kendala dihari pertama ujian, namun ujian berlangsung dengan aman dan terkendali sampai saat ini.

Selanjutnya Waka Kurikulum, Andre Saputra menyampaikan bahwa PAS dengan menggunakan aplikasi Elearning ini mudah untuk diakses oleh guru maupun siswa. Tidak seperti PAS berbasis kertas pensil yang mana guru memeriksa setiap kertas ujian siswa, PAS menggunakan aplikasi Elearning secara otomatis menampilkan hasil ujian siswa ketika siswa menyelesaikan ujiannya pada saat itu. Elearning juga dapat diakses dimanapun berada. Hanya saja kendala pada penggunaan aplikasi Elearning ini yakni sulitnya ketika memasukan soal Bahasa Arab dan Numerik.

Dalam pelaksanaan PAS berbasis komputer dan android ini, Kepala MAN 3 Agam memberikan arahan kepada siswa agar melaksanakan PAS dengan jujur meskipun menggunakan komputer dan android. Meskipun jaringan internet terkadang menjadi kendala dalam PAS ini tapi Ia meminta siswa untuk tetap semangat dan bersabar dalam melaksanakan PAS Semester Ganjil ini. Ia juga berharap semoga kendala yang terjadi bisa menjadi bahan evaluasi untuk menjadi madrasah yang lebih baik lagi di PAS yang akan datang. (man3)