Kakanwil Minta ASN Kemenag Sumbar Menjadi Role Model Moderasi Beragama

Kakanwil Minta ASN Kemenag Sumbar Menjadi Role Model Moderasi Beragama

Payakumbuh, humas -- ASN Kementerian Agama dituntut untuk menjadi role model atau teladan dalam penguatan moderasi agama di Indonesia.

Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar H Helmi dihadapan 100 ASN jajaran Kemenag Kota Payakumbuh saat kunjungan kerja perdananya, Sabtu (04/12).

Kakanwil menyebutkan beberapa program prioritas Kementerian Agama RI yaitu salah satunya adalah penguatan moderasi beragama.

"Penguatan moderasi agama bukan saja program Kementerian Agama namun sudah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah nasional dan Kementerian Agama yang mengawalinya", ungkap Kakanwil.

Oleh karena itu, Kakanwil meminta segenap ASN dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar perlu merubah cara pandang dalam beragama yang ektrem dan radikal menjadi seimbang atau ditengah.

" penguatan moderasi beragama merupakan sikap mengurangi kekerasan, atau menghindari keesktreman dalam cara pandang, sikap, dan praktik beragama", terang H Helmi.

Maka dalam kehidupan beragama, Kakanwil mengatakan yang perlu dihindari adalah klaim pembenaran sepihak dengan menyalahkan paham yang lain dan pemahaman ektrem dengan cara menguatkan komunikasi.

" ekstremitas dalam berbagai bentuknya, diyakini bertentangan dengan esensi ajaran agama dan cenderung merusak tatanan kehidupan bersama, baik dalam kehidupan beragama maupun bernegara", jelas suami dari Nazifah ini.

Selanjutnya H Helmi meminta ASN Kemenag dapat mengembangkan rasa persaudaraan dengan saling mengenal, saling paham dan saling membantu.

Pembinaan tersebut dihadiri 100 ASN terdiri dari segenap jajaran Kemenag Kota Payakumbuh yang terdiri dari pejabat, pengawas, kepala madrasah dan kepala KUA.

Program prioritas Kementerian Agama lainnya yang juga disebutkan Kakanwil yaitu kemandirian pesantren, revitalisasi KUA, transformasi digital, pembelajaran digitalisasi di universitas dan penerapan tahun toleransi di tahun 2022.