Gebyar Kegiatan Akhir tahun KUA Kecamatan Sungaipua bersama lembaga keagamaan

Gebyar Kegiatan Akhir tahun KUA Kecamatan Sungaipua bersama lembaga keagamaan

Sungaipua, Humas - Senin tanggal 13 Desember 2021 KUA Kecamatan Sungaipua melaksanakan rapat koordinasi dengan lembaga keagaamaan se kecamatan Sungaipua. 

Pertemuan yang dilaksanakan di aula kecamatan Sungaipua dihadiri oleh Camat Sungaipua, KaKUA Sungaipua, dan berbagai lembaga keagamaan di lingkungan kecamatan Sungaipya,  tidak terkecuali para pimpinan pondok pesantren, pondok Al-Qur'an,  MDTA/TPQ serta guru PAI di bawah pengawasan PAI se kecamatan Sungaipua. 

Pertemuan ini dipimpin langsung oleh kepala KUA kecamatan Sungaipua Bapak Wahyu Hidayat. Pertemuan awalnya akan dihadiri oleh Bapak Kepala Kantor Kementrian Agama Kabuaten Agam Bapak Marjanis namun karena bapak kakan Kemenag ada pertemuan mendadak di Kantor Wilayah Kementian Agama Sumatera Barat di Padang tidak dapat hadir dalam pertemuan tersebut. Melalui pesan yang disampaikan kepada KaKUA Sungaipua, beliau menyampaikan bahwa tantangan dunia pendidikan kita hari ini cukup kompleks, oleh sebab itu kementrian Agama memiliki peran Strategis untuk melakukan pengayoman terhadap pendidikan masyarakat, dengan mengutip Permendikbud No.20 Tahun 2018 Pasal 2 terdapat 18 Nilai pendidikan karakter yang mesti kita tumbuh kembangkan tidak terkecuali di lingkungan Madrasah dan juga menjadi perhatian para guru agama. 18 nilai pendidikan tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggug jawab. Melalui 18 nilai pendidikan karakter tersebut, semoga pencapaian tujuan kementerian agama dapat dicapai sehingga keberagamaan masyarakat dari berbagai aspek dapat berjalan dengan baik, pungkas Wahyu Hidayat. 

Lebih lanjut Wahyu memaparkan dan membahas kondisi terkini tentang kelembagaan yang berada di bawah Naungan KUA Sungaipua baik DMI, MUI, LDS, BKMT, dan MDTA serta LPTQ kecamatan sembari mengevaluasi dan merancang tindak lanjut permasalahan di masing-masing lembaga. 

Disamping itu,  Wahyu memberikan kesempatan kepada ketua LPTQ kecamatan Sungaipua Bapak Zulkifli Zulfikar, untuk menyampaikan program dan persiapan pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan Sungaipua serta MTQ Nasional tingkat kabuaten Agam. Menurut penjelasan ketua LPTQ kecamatan Sungaipua,   bahwa upaya penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada akhir bulan ini,  mengingat MTQ Nasional tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang. Dalam paparanya Zulkifli Zulfikar mengharapkan suport atau dukungan dari lembaga-lembaga keagamaan yang ada di kecamatan Sungaipua baik secara moril terlebih materil. Hal ini dipertegas oleh ketua LPTQ bahwa pada MTQ Nasional tingkat kabupaten sebelumnya tahun 2019 di Palembayan Sungaipua mendaat posisi juara umum. Nah, Bagaimana untuk ke depannya? Inilah yang perlu perhatian dan dukungan semua pihak.

Kegiatan berlangsung khidmat.Antusias dan respon lembaga nagari dan lembaga keagamaan sangat baik. Semoga kedepannya Kecamatan Sungaipua lebih baik dan mampu mempertahankna prestasi terbaiknya. Aamiin... (defil)