Kepala Kantor, Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Ginung Tuleh

Kepala Kantor, Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Ginung Tuleh

Pasaman Barat, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam, Ronaldi, Senin (20/12) menghadiri pembikaan MTQ (Musyabaqah Tilawatil Quran) VIII Kecamatan Gunung Tuleh di aula kantor camat setempat, SimpangTiga Alin.

Selain Kasi Bimas Islam, Ronaldi bersama keluarga besar pemerintah kecamatan dan aparatur KUA (Kantor Urusan Agama) setempat, MTQ tingkat kecamatan dibuka Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, juga dihadiri usur Forkopimca (Forom Koordinasi Pimpinan Kecamatan), kepala dinas/instansi tingkat kecamatan, Pj. Walinagari induk dan persiapan

Camat Gunung Tuleh, Muhamad Ghor, didampingi Ketua pelaksana, sekaligus Sekretaris Kecamatan (Sekcam) setempat, A.Yani, menjelaskan, MTQ tingkat kecamatan tahun 2021 ini, diikuti 84 peserta, dengan beberapa cabang lomba yang ditampilkan, seperti Tilawah golongan Taman Kanak-kanak (TK), Tilawah golongan remaja, dan Tilawah golongan dewasa, semuanya utusan lima kengarian yang ada.

Dari lima kenagarian dimaksud, Dua di antaranya nagari induk, yaitu Kenagarian Rabi Jonggor bersama Nagari Muara Kiawai, Tiga kenagarian lainnya adalah nagari persiapan, yaitu Nagari Persiapan Bahoras (Jorong Bandar Hutatonga, Rabi Jonggor, dan Sitabu).

Nagari Seberang Kenaikan (Jorong Tanjung Durian, Paroman Bondar Bulu Laga, Talang Kuning, Kampung Guo dengan  Siligawan Garang, Dan Nagari Persiapan Ranah Sungai Magelang, meliputi Jorong Sungai Magelang, Air Singin, Kampung Pinang, dan Jorong Siligawan Kecil.

Bupasi, Hamsuardi, pada kesempatan itu menyampaikan, betapa besar manfaat yang diperoleh dari membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Rasulullah SAW juga bersabda, barang siapa membaca satu huruf, Allah SWT akan memberikan kepadanya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu, dapat dilipatgandakan menjadi 10  kebaikan.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, saya berharap akan memberikan motivasi kepada anak-anak kita begitu juga kita sebagai orang tua untuk lebih mencintai, mempelajari, dan mengamalkan Al-Qur’an. Karena begitu besar manfaat yang kita dapat dari mengamalkan Al-Qur’an”, katanya.

Dalam kesempatan itu juga Bupati pasaman barat dalam sambutannya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjadikan momentum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) sebagai perilaku hidup masyarakat yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, sehingga akan terbentuk masyarakat beriman yang berperilaku Qur’ani.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ronaldi, menyampaikan, salah satu pengembangan sekaligus penjabaran program Kementerian Agama, seperti Pasaman Barat adalah,melaksanakan roda pembangunan melaui bidang keagamaan. Selain menyemarakkan syiar Islam, melalui MTQ dan kegiatan keagaman lain,

Kementerian Agama di kecamatan adalah institusi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Layanan yang dikelola dan berhubunhan dengan warga, bukan saja urusan nikah dan rujuk. Tugas pelayanan aparatur KUA, juga berkaitan layanan haji dan umrah, pengeloaan zakat dan wakaf, pembrdayaan modeasi beragama, dan sebagainya. (zar)