Kantor Kementerian Agama Pariaman, Tinjau Pusat Layanan Haji Pasaman Barat

Kantor Kementerian Agama Pariaman, Tinjau Pusat Layanan Haji Pasaman Barat

Pasaman Barat, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, Miswan, didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) setempat, Karleni Miswan, bersama rombongan, Kamis (23/12) siang meninjau penerapan sistem pelaksanaan layanan haji di ruang Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).

Kepala bersama rombongan sampai di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat sekitar pukul 15.00 Wib. Mereka diterima Kasi PHU Pasaman Barat, Suharjo, bersama jajaran, dan Pranata Humas setempat, Gusmizar.

Miswan, sekaligus mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, usai pertemuan mereka bersaa Suharjo bersama jajaran, menjelaskan, selain untuk mengetahui perkembangan penatakelolaan perhajian. Kunjungan rombongannya ke Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, juga sebagai ajang silaturrahmi.

Sebagai lembaga sepayung dan berinduk di tubuh Kementerian Agama, katanya, antara Pasaman Barat dengan Kota Pariaman adalah saudara. Yang membedakan dan mengakibatkan kurangnya sialaturrahmi antar sesame adalah, karena letaknya berjauhan.

Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Suharjo, menyampaikan, secara umum aturan dan tertib administrasi dalam hal penatalaksana pendaftaran calon jemaah haji adalah sama. Semenjak dua terakhir, ditandai bahwa di tanah air masih dilanda pandemi penyebaran virus corona atau Covid-19, aktivitas layanan haji tentu berkurang dari biasanya.

Ke depan, tambah Suharjo, pihaknya tentunya bersama seluruh umat Islam Indonesia, berharap agar di tahun 2022 depan, proses perjalanan ibadah haji ke tanah suci dari tanah air, dibuka kembali. Sehingga antian panjang pemberangkatan calon jemaah pada setiap tahunnya terus berkurang, malah akan berjalan normal. (zar)