Momen HAB ke 76, H. Helmi Ajak Jajaran Kemenag Sumbar Berikan Layanan Sepenuh Hati

Momen HAB ke 76, H. Helmi Ajak Jajaran Kemenag Sumbar Berikan Layanan Sepenuh Hati
Momen HAB ke 76, H. Helmi Ajak Jajaran Kemenag Sumbar Berikan Layanan Sepenuh Hati

Padang, Humas--Dirgahayu Kementerian Agama ke 76 momentum bagi ASN untuk bersyukur atas anugrah dan capaian yang telah diraih jajaran Kementerian Agama khususnya Sumatra Barat. Karena apa yang kita lihat, apa yang kita nikmati hari ini adalah berkat para pendahulu kita.

Hal ini ditekankan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama, Senin (03/01/22) di Halaman Kanwil Kemenag Sumbar.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldi didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi beserta Kabag TU, H. Irwan dan seluruh jajarannya.

Upacara ini juga dihadiri mantan Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Dalimi Abdullah beserta Buya Bagindo M. Letter dan sesepuh Kementerian Agama lainnya, Ketua Dharmawanita, Ny. Nazifah Helmi beserta pengurus, Sementara peserta upacara berasal dari ASN Kanwil Kemenag Sumbar, Kemenag Kota Padang dan perwakilan madrasah.

Dikatakan Kakanwil ke depan Kementerian Agama memakai moto transformasi layanan umat. Bagaimana Kementerian Agama memiliki sikap dan pandangan dalam pelayanan kepada umat, pelayanan yang baik yang prima.

“Bagaimana masyarakat yang kita layani betul betul merasa bahwa mereka di Kementerian Agama itu merasa nyaman tenang dan dilayani dengan sebaik-baiknya dan sepenuh hati,” ungkap Doktor Helmi

Kedua lanjut Kakanwil, transformasi layanan umat ini dalam artian kita akan beralih dari layanan yang bersifat manual menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sekarang dan digitalisasi.

“Kita sudah beranjak ke sana. Kanwil Kementerian Agama kita sudah menerapkan aplikasi Siguntur (Sistem Informasi e Government Terstruktur) dan ini akan kita perkuat. Sehingga proses layanan kita betul-betul bisa terukur dengan SOP yang jelas,” harap Kakanwil kepada jajarannya.

Misalnya kata Kakanwil, dalam pengurusan rekomendasi dari awal sudah jelas standarnya. Begitu juga dengan layanan lainnya kita akan manfaatkan teknologi informasi dan digitalisasi dengan sebaik – baiknya, harap Kakanwil.

“Begitu juga dengan pelayanan di madrasah bagaimana guru-guru kita juga mampu melaksanakan pembelajaran dengan digitalisasi ini. Sehingga pembelajaran yang diterima peserta pendidik data terserap dengan baik,” pesan kakanwil kepada seluruh guru di Sumatra Barat.

“Pada kesempatan ini, kita ucapkan selamat hari amal bhakti ke 76 untuk seluruh jajaran Kementerian Agama Sumatra Barat. Mari kita melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan keikhlasan. Karena kata agama itulah yang menjadi value bagi seorang insan Kementerian Agama,” tukas mantan Kakan Kemenag Padang Pariaman dan Kabupaten Solok ini.

Tak lupa pada kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama juga menegkankan ke depan ia bersama jajarannya  akan memperkuat moderasi beragama dan revitalisasi surau (Mesjid dan Mushalla) di Sumatra Barat.

“Sejak dilantik sebagai Kakanwil kita sudah bertekat akan memperkuat moderasi beragama di Sumatra Barat melalui revitalisasi surau. Apalagi tahun 2022 akan menjadi tahun toleransi dan Sumatra Barat satu dari delapan provinsi di Indonesia yang akan menjadi pilot project tahun toleransi,” pungkas Kakanwil.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatra Barat usai pelaksanaan upacara mengucapkan selamat hari amal bhakti Kementerian Agama yang 76 bagi seluruh jajaran Kementerian Agam Sumatra Barat. Ia juga berharap kepada jajaran Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat untuk tetap bersinegi dalam memajukan Indonesia ke depan.

“Saya berharap di Hari Amal Bhakti yang 76 ini saya berharap Kementerian Agama Sumatra Barat bersinergis dalam rangka memajukan Indonesia semoga ke depannya apa yang kita kerjakan mendapat berkah dan ridha dari Allah SWT,” ungkap Audy penuh harap.

Pada momen peringatan hari amal bhakti ke 76 ini Wakil Gubernur bersama Kakanwil Kemenag Sumbar berkesempatan satya lencana karya satya kepada ASN Kemenag Sumbar, menyerahkaan penghargaan kepada ASN, guru dan siswa  madrasah yang meraih prestasi baik International maupun nasional. RinaRisna