Satyalencana Karya Satya, Penghargaan Negara Bagi Pengabdian ASN

Satyalencana Karya Satya, Penghargaan Negara Bagi Pengabdian ASN

Sarilamak, Humas -- Sebanyak 24 orang Aparatul Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama Lima Puluh Kota (03/01) bertepatan dengan momentum peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Tahun 2022 menerima tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya.

Prosesi penyematan tanda kehormatan dilakukan oleh Bupati Lima Puluh Kota, didampingi Kakan Kemenag Lima Puluh Kota, Ketua DPRD Lima Puluh Kota dan Pimpinan Forkopimda yang hadir pada kegiatan upacara bendera peringatan HAB Tahun 2022 di komplek MTsN 1 Lima Puluh Kota.

Safaruddin Dt. Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota dihadapan awak media menyampaikan.

"Penganugerahan ini merupakan peristiwa membanggakan yang harus disyukuri serta disambut sukacita oleh ASN, mengingat bahwa penganugerahan tanda jasa tersebut, merupakan penghargaan dari negara terhadap ASN yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasilan, UUD 1945, negara dan pemerintah serta penuh dengan pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin. Sehingga, dapat menjadi teladan bagi pegawai lainnya," terang Bupati

Kepada para penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya, Bupati berpesan untuk terus meningkatkan profesionalitas, kapasitas dan semangat pengabdian dalam menjalankan setiap tugasnya, serta mampu menjadi teladan bagi aparatur lainnya, sehingga dapat mendorong kinerja instansi dan pelayanan publik kepada masyarakat semakin membaik dalam semangat transformasi layanan umat.

Sementara itu H. Naharudin, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota menjelaskan, "Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1994 tentang Tanda Kehormatan Tanda Satyalancana Karya Satya menjelaskan empat kriteria dasar, pertama, melaksanakan tugas secara terus menerus dan menunjukan kesetiaan pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan serta telah mempunyai masa kerja yang dipersyaratkan. Kedua tidak pernah dijatuhi hukumnan disiplin, ketiga tidak pernah cuti diluar tanggungan negara dan keempat, memiliki prestasi kerja yang jelas," terang Kakan Kemenag

Melalui momentum peringatan HAB Ke-76 tahun 2022 Kakan Kemenag mengajak seluruh jajaranya untuk terus meningkatkan kualitas layanan, “Transformasi layanan umat harus dimaknai sebagai perubahan sikap dan prilaku kearah yang lebih baik dalam memberikan layanan kepada umat. Disamping itu transformasi layan menuntut seluruh ASN Kemenag untuk terus melakukan inovasi layanan agar selaras dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat," harap alumni IAIN Bukittinggi ini

Kakan Kemenag juga mengingatkan jajaranya, “Mari syukuri pilihan profesi sebagai ASN Kemenag, dengan cara bekerja keras, cerdas dan ikhlas sesuai dengan bidang tugas masing-masing serta mampu menunjukkan komitmen dan tanggung jawab moral sebagai ASN Kementrian Agama,” pungkasnya.

Penghargaan Satyalancana Karya Satya diserahkan pada 24 ASN Kemenag Lima Puluh Kota dengn rincian, 3 ASN menerima Satyalancana Karya Satya XXX Tahun, 9 ASN menerima Satyalancana Karya Satya XX Tahun dan 12 ASN lainya menerima Satyalancana Karya Satya X Tahun. (APP)