HAB 76, Tenis Meja Beregu Putera Mulai Bertarung

HAB 76, Tenis Meja Beregu Putera Mulai Bertarung
HAB 76, Tenis Meja Beregu Putera Mulai Bertarung
HAB 76, Tenis Meja Beregu Putera Mulai Bertarung
HAB 76, Tenis Meja Beregu Putera Mulai Bertarung

Padang (Humas)- Kanwil Kemenag Sumbar menyelenggarakan lomba olah raga tenis meja antar ASN Kemenag. Selasa (04/01), hari pertama lomba tenis meja untuk beregu putra yang akan melangsungkan 16 pertandingan hingga malam nanti.

Kegiatan ini untuk memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI tingkat Provinsi Sumbar ke-76. Perhelatan ini melibatkan tim tenis meja dari Kanwil Kemenag Sumbar, Kemenag Kabupaten/Kota se-Sumbar, BDK, UPT Haji, dan UIN IB Padang.

Dikonfirmasi humas, detik-detik jelang perlombaan di Aula AB 1 Kanwil Kemenag Sumbar Syahirul Alim selaku anggota panitia lomba menyatakan, untuk memperingati Hari Amal Bhakti ke-76 diselenggarakan berbagai lomba. Diantaranya lomba tenis meja untuk kategori Ganda Eksekutif, kategori beregu putra dan kategori beregu putri.

“Dalam rangka memperingati HAB ke-76, tiga lomba yang diselenggarakan diawali lomba tenis meja beregu putra digelar hari ini, mulai pukul 13.30 hingga pukul 21.30 dengan 16 pertandingan, 16 pertandingan ini hingga round kedua. Untuk perempat final beregu putra akan dilaksanakan pada hari Rabu. Sementara untuk kategori beregu putri kita fokuskan Rabu siang pukul 13.00 hingga malam. Dan untuk ganda eksekutif diperkirakan akan dilaksanakan hari Kamis, yang pasti jadwal menyesuaikan,” ungkapnya.

Ia merinci tim yang akan berlaga hingga malam nanti sesuai jadwal antara lain, Payakumbuh melawan Solsel, Kanwil grup B bertemu Kabupaten Sijunjung, Kanwil Grup D melawan Kabupaten Pasaman Barat, Kota Sawahlunto melawan Kabupaten Padang Pariaman untuk siang ini. Dilanjutkan petang nanti, BDK Padang bertemu dengan Kota Solok, Kabupaten 50 Kota bertemu dengan Kabupaten Solok dan UIN IB Padang akan berlaga dengan Kanwil Grup A dan Kota Pariaman akan bertemu dengan Kota Padang Panjang.

“Ini round yang pertama, untuk yang menang pada round kedua, masuk 16 besar. Hari Kamis kita perkirakan untuk final. Kita fokuskan dan prediksi akan berlangsung pada Kamis pagi.” Jelasnya.

Mewakili tim wasit dari PTMSI Sumbar salah seorang wasit  memberikan apresiasi pada panitia penyelenggara lomba kegiatan. Ia membeberkan beberapa teknis pelaksanaan dalam lomba. 

Dikatakannya, sistem perlombaan tenis meja menggunakan sistem gugur. Dengan kata lain peserta yang jalan akan terhenti untuk babak tersebut.

Kedua, perlombaan tenis meja pada HAB ini sedikit berbeda dengan lomba PTMSI Pemprov ataupun Pencab. “ Biasanya untuk beregu hanya ada tiga nomor tunggal I, II dan III, namun untuk kali ini ada 5 nomor tunggal. Jadi dalam pembagian posisinya dengan rincian tunggal A,B,C,D,E, kemudian lawan posisinya V,W,X,Y,Z.

Ketiga, untuk kategori beregu ini dari lima akan mencari tiga, itu untuk tunggal pertama misal 3-0,3-1,3-2. Begitu pula akan berlaku untuk tunggal kedua. Jadi, siapa yang terlebih dahulu mencapai angka poinnya tiga itulah yang berhak menang, rincinya. Hal ini merupakan hasil teknical meeting virtual kemarin, mengingat sikon yang membatasi.

Terakhir, Ia menyarankan agar masing masing tim mengenakan kostum seragam, seperti tahun sebelumnya. “Termasuk untuk pertandingan nanti, berhubung saat pertandingan memakai bola berwarna putih, kami mengimbau kepada semua peserta tidak menggunakan baju berwarna putih, karena dikhawatirkan akan menganggu penglihatan lawan main,” katanya.

Hingga berita ini diterbitkan, masih berlangsung pertarungan sengit antara Kanwil grup A melawan UIN IB Padang di meja 1, Kota Padang melawan Kabupaten Solsel meja 2 Kabupaten Dharmasraya bertemu Kabupaten Padang Pariaman untuk meja 3 dan Kota Bukittinggi melawan Kabupaten Sijunjung meja 4. (Vera)