Perdana, Lomba Tartil Quran Eksekutif Warnai HAB ke 76 Kemenag Sumbar

Perdana, Lomba Tartil Quran Eksekutif Warnai HAB ke 76 Kemenag Sumbar
Perdana, Lomba Tartil Quran Eksekutif Warnai HAB ke 76 Kemenag Sumbar

Padang Pariaman, Humas--Hari pertama rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama berjalan sukses.  Kemeriahan peringatan HAB ini terlihat sejak dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi, Selasa (04/01/22) di Gedung Asrama Haji Embarkasi Padang Pariaman.

Turut hadir Ketua Dharmawanita, Ny. Nazifah Helmi bersama pengurus, Kabag TU, Kepala Bidang, Pembimas, Kepala BDK Padang dan Kakan Kemenag kabupaten kota se Sumatra Barat. Berbagai lomba digelar dalam memeriahkan HAB ke 76, diantaranya lomba qasidah (duet) eksekutif, qasidah solo, lomba tartil Quran serta lomba merangkai buah dan sayur. Untuk bidang olahraga, lomba badminton, tenis meja dan catur.

Meski pelaksanaan HAB diwarnai dengan berbagai lomba seni dan olahraga, ada yang berbeda dari kegiatan HAB tahun ini. Lomba Tartil Quran eksekutif bagi eselon II dan eselon III se Sumatra Barat. Seperti diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), H. Irwan yang sekaligus Ketua Panitia, kegiatan Tartil Quran ini perdana dilaksanakan Kanwil Kemenag Sumbar.

“Tartil Quran ini diikuti 25 peserta terdiri dari Kakanwil, Kabag TU, Kepala Bidang dan Kakan Kemenag kabupaten kota se Sumatra Barat. Pelaksanannya pun tidak seperti Musabaqah pada umumnya namun dilaksanakan di Mesjid dan dibaca secara bergantian,” ungkap Kabag TU disela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi mengatakan lomba tartil quran ini sebagai motivasi bagi pejabat di lingkungan Kementerian Agama Sumbar untuk tetap menjadikan Alquran sebagai dasar dalam melaksanakan tugas.

Lomba ini bukan bermaksud melihat siapa yang fashih atau tidak membaca Alquran tetapi memberikan semangat kepada jajaran Kementerian Agama untuk membaca ayat-ayat Allah, tetap memegang teguh dan mencintai Alquran.

“Musabaqahnya pun beda dengan MTQ pada umumnya. Peserta tidak dipanggil satu persatu tetapi dibaca secara bergantian. Namun penilaian tetap dilaksanakan oleh juri yang berjumlah 3 orang mereka akan menilai dan memberikan nilai terhadap apa yang dibaca dan pemenang juga ada,” ungkap Kakanwil

“Dengan adanya HAB ke 76 kita tetap komit dengan Kementerian Agama. Lembaga Kementerian Agama itu yang menjadi velue (nilai) adalaha agamanya. Kita jadikan agamanya sebagai cor velue dalam kehidupan sehari-hari apalagi kita sudah membaca ayat-ayat Allah,” imbuh doktor Helmi.

Kakanwil berharap kegiatan tetap dilaksanakan pada peringatan HAB selanjutnya dan pada momen kegiatan lainnya. Mudah-mudahan kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh satuan kerja Kementerian Agama se Sumatra Barat, ungkap Kakanwil penuh harap.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (Penais Zawa), H. Yufrizal mengatakan kegiatan ini dilatar belakangi misi Kementerian Agama yang diantaranya meningkatkan kesalehan umat beragama. Tentunya dalam menjalankan amanat ini Kementerian Agama memiliki tugas meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama bagi umat beragama.

Menyikapi hal itu maka dilaksanakanlah tartil quran bagi pejabat eselon II dan III bagi Kementerian Agama Sumatra Barat. Tujuan utama kegiata ini mensinergikan tugas dan fungsi Kanwil Kemenag, yakni melakukan pelayanan bimbingan dan pembinaan keagamaan salahsatunya agama Islam, yang dikenal dengan istlah Tanmiyatul Kafa’ah.

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan Tanmiatul Kafa’ah (mengembangkan potensi) ASN Kementerian Agama Sumatra Barat. Artinya mengaji tidak saja di tablighkan (didakwahkan) tetapi ASN Kementerian Agama juga harus meningkatkan potensi dakwahnya agar ditiru oleh masyarakat.

Kegiatan ini juga akan berdampak positif, dimana unit atau satker terbawah juga melaksanakan kegiatan yang sama yakni ASN mengaji. Sehingga masyarakat bias mensinkronkan kegiatannya dengan Kementerian Agama dan dibuktikan dengan pelayanan konkrit.

Saat berlangsung kegiatan kerohanian yang berpusat di Asrama Haji Embarkasi Padang Pariaman, kegiatan lain dalam rangka HAB ke 76 Kementerian Agama Sumatra Barat juga berlangsung dnegan meriah. Ada lomba badminton, tenis meja dan catur. RinaRisna