Sambangi Kanwil Kemenag Sumbar di Awal Tahun 2022, Ini Pesan Wamen Agama RI

Sambangi Kanwil Kemenag Sumbar di Awal Tahun 2022, Ini Pesan Wamen Agama RI

Padang, humas -- Selamat datang diranah minang dan kami berharap kunjungan Wakil Menteri Agama RI dapat memperkuat silaturahmi dan Kinerja di jajaran Kementerian Agama Provinsi Sumbar.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenag Provinsi Sumbar Dr. H Helmi M.Ag saat menyambut kedatangan rombongan Wakil Menteri (Wamen) Agama RI KH. Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si di Provinsi Sumbar.

Bertempat di ruang pertemuan Kakanwil Kemenag dan diikuti Kepala Bagian Tata Usaha, para Kepala Bidang dan Kepala Kankemenag Kabupaten/ Kota se-provinsi Sumbar, Wamen menyampaikan makna yang penting dalam peringatan HAB Kementerian Agama.

"Peringatan Hari Amal Bhakti juga memiliki makna yang penting yaitu sebagai refleksi dan evaluasi dari kinerja kita, apakah kinerja yang telah dilaksanakan dan pengabdian sebagai ASN Kementerian Agama telah memenuhi harapan masyarakat atau belum", ungkap Wamen.

Wamen mengatakan ASN Kemenag memiliki keistimewaan dari ASN yang lain diantaranya ASN Kemenag memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan nilai-nilai agama yang bernilai ibadah dan pahala.

" ASN Kementerian Agama memiliki tanggung jawab menjaga moral, menebarkan kedamaian dan kerukunan, hal ini yang akan bernilai ibadah dan menghantarkan kita menuju pintu surga", ungkap pria yang mudah senyum ini.

Wamen menyatakan karena agama harus dijadikan inspirasi atau sebagai kaidah penuntun kehidupan maka inilah yang menjadikan Kementerian Agama istimewa dibandingkan Kementerian atau lembaga lainnya.

"Namun karena membidangi agama ini jugalah menjadikan kita sebagai ASN harus hati-hati dan menjaga Kementerian Agama karena sedikit saja kesalahan maka semua orang akan melihat jelas seperti kain putih yang terkena noda" , ungkap Wamen.

Untuk menjadikan agama sebagai kaidah penuntun dan inspirasi maka sebagai ASN Kementerian Agama maka Wamen meminta segenap ASN menerapkan lima budaya kerja yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan.

Wamen juga mengingatkan, meneruskan serta menjelaskan pesan Menteri Agama terkait program perioritas diantaranya program penguatan moderasi beragama.

Pada pertemuan silaturahmi ini, setiap pejabat eselon III yang hadir sempat memperkenalkan diri dan wilayah kerjanya.

Sebelumnya Kakanwil H Helmi dalam hantaran kata dan dihadapan Wamen menjelaskan secara umum profil Kemenag Provinsi Sumatera Barat dan melaporkan program-program yang telah sukses dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Diantaranya Kakanwil melaporkan kegiatan penguatan moderasi sebagai upaya peningkatan kerukunan umat beragama di Sumatera Barat, kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) 76 dan lainnya. *rzk