Motivasi Tenaga Pendidik Semarakkan Gebyar PAI pada HAB ke 76 Kabupaten Agam

Motivasi Tenaga Pendidik Semarakkan Gebyar PAI pada HAB ke 76 Kabupaten Agam

Agam, Humas--Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam melalui Seksi Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan Gebyar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan aneka lomba PAI, diantaranya Lomba Video Pembelajaran,  Musabaqah Syarhil Quran, Praktek Ibadah, Bias PAI dan KKG atau MGMP PAI Teraktif.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, H. Mursal Asmir saat ditemui pada hari Kamis (13/01) di sela-sela kegiatannya sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banuhampu.

Selanjutnya H. Mursal menyampaikan bahwa lomba-lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas PAI di lingkungan sekolah maupun masyarakat, seperti halnya Lomba Video Pembelajaran PAI antar Guru PAI tingkat SD, SMP dan SMA yang dimenangkan oleh guru PAI SDN 12 Pahambek sebagai Peringkat I tingkat SD, guru PAI SMPN 4 Ampek Nagari dan guru PAI SMAN 1 Banuhampu sebagai peringkat I di tingkat SMP dan SMA ini  bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam mempersiapkan media pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan zaman, baik pendidik maupun siswa.

"Musabaqah Syarhil Quran pun diselenggarakan untuk melatih kemampuan dan keilmuan yang pemahamannya diaplikasikan dalam bentuk praktek pelaksanaan PAI sehingga diharapkan siswa dan siswi SD dan SMP mampu menjadi motor penggerak dalam pengembangan keilmuan keislaman di tengah-tengah masyarakat. Dan Musabaqah ini dimenangkan oleh siswa SDN Kamang Magek di tingkat SD dan siswa SMPN 1 Tilatang Kamang di tingkat SMP", ujar H. Mursal lagi.

Sedangkan menurut H. Mursal, Penilaian Praktek Ibadah pada SD, SMP, SMA dan SMK yang dimenangkan oleh siswa SDN 13 Lasi Mudo, SMPN 1 Tanjung Mutiara, SMAN 1 Tanjung Raya dan SMKN 1 Tanjung Raya diharapkan dapat menggambarkan kemampuan siswa dan siswi dalam penyerapan pembelajaran PAI di sekolah masing-masing, dan hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan proses belajar mengajar PAI di masa yang akan datang.

"Begitupun Lomba Bias PAI yang merupakan salah satu lomba inovasi dalam program peningkatan pengaruh dan peran guru PAI di tengah-tengah masyarakat. Lomba ini akan menggambarkan sejauhmana guru PAI melaksanakan fungsi-fungsinya sebagai corong dalam peningkatan PAI di masyarakat, seperti halnya Sevenday, Deslita dan Nurhayati yang merupakan guru PAI di Kecamatan Matur, Baso dan Ampek Nagari", lanjut H. Mursal.

Dan terakhir KKG dan MGMP Teraktif yang disematkan kepada KKG PAI Kecamatan Tanjung Mutiara, MGMP PAI SMA Kabupaten Agam dan KKG PAI Kecamatan Baso sangat diharapkan akan memacu semangat para guru PAI dalam memajukan organisasi profesi yang didukung langsung oleh Kementerian Agama RI guna peningkatan profesionalisme guru dalam menjalankan profesinya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, H. Marjanis ketika dihubungi menyampaikan apresiasi terhadap seksi Pendidikan Agama Islam yang mampu mengangkat kegiatan Gebyar PAI ini yang sangat diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kualitas PAI di sekolah, baik bagi tenaga pendidik dan kependidikan maupun peserta didik. Dan Kakankemenag juga berharap hal ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya sehingga mampu memotivasi para tenaga pendidik untuk lebih inovatif dan kreatif. Syef