Kakan Kemenag Kota Pariaman Berikan Penghargaan Kepada Humas Terbaik

Kakan Kemenag Kota Pariaman Berikan Penghargaan Kepada Humas Terbaik

Pariaman, Humas--Aktivitas Humas dalam organisasi  Lembaga berkaitan dengan tugas yang harus dijalankan. Tugas Humas merupakan bagian dari komunikasi antara organisasi  dengan publik untuk menciptakan citra positif.

Pada prinsipnya Humas mempunyai tugas yang meliputi  memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak  yang membutuhkannya agar diketahui maksud, tujuan dan kegiatan-kegiatan Organisasi, membantu pimpinan dalam memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya, membantu pimpinan dalam memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya,  membantu pimpinan mempersiapkan  bahan-bahan informasi yang akan disampaikan  kepada masyarakat dan membantu pimpinan dalam mengembangkan  rencana dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat (public service) sebagai bentuk dari komunikasi timbal balik.

Informasi  menjadi bagian penting bagi Humas dalam menjalin hubungan dengan publiknya. Informasi  merupakan kumpulan dari berbagai data yang disatukan menjadi sebuah pesan. Humas bertugas dalam memilih, mengenali dan memanfaatkan informasi untuk  kepentingan organisasi dan memenuhi kebutuhan puliknya

Agaknya inilah yang menjadi panggilan tugas dari Kehumasan yang ada dilingkungan Kankemenag Kota Pariaman yang selalu aktion dan aktif dalam mempublikasikan kegiatan yang ada di tempat kerjanya masing-masing, baik di Kankemenag, Madrasah dan KUA.

Menindaklanjuti ini semua, Momen HAB ke 76 Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Miswan memberikan penghargaan kepada pelaku Humas tepatnya Waka Humas  Madrasah Tergiat dalam mempublikasikan kegiatan Madrasahnya terhitung satu tahun belakang.

Menurut Miswan, "Keberadaan Humas dalam sebuah perusahaan atau organisasi memiliki peran dan tugas yang stategis, yaitu sebagai jembatan komunikasi yang menghubungkan semua publik. Aktivitas yang dilakukan Humas dengan menggunakan dan memilih media komunikasi yang tepat. Media akan menjadi alat tersampaikannya suatu pesan dengan mudah dan dapat dipahami."

Hal ini juga diperkuat oleh Rita Royani (Penyuluh Agama Fungsional),  bahwa dirinya menjadikan Humas Madrasah sebagai binaan, dimana dirinya  selalu melakukan pembinaan Humas ke Madrasah yang telah di mulai sejak tahun 2013.

Rita berujar,   "Humas dijadikannya binaan karena sesuai dengan  tupoksinya sebagai  Penyuluh menginginkan bagaimana pelaku Humas ini mampu mempublikasikan setiap kegiatan Madrasahnya melalui  media sosial maupun media cetak lainnya dengan tupoksi Memberikan Pembinaan dan Penyuluhan kepada kelompok Cendikiawan, dan pelaku Humas merupakan Kelompok Cendikia atau profesi."

Rita menambahkan lagi, "Setiap tahun selalu ada penghargaan Humas terbaik  dan tergiat TK Sumbar serta Madrasah tergiat dalam mempublikasikan kegiatannya. Dan kedua kategori ini Alhamdulillah telah diraih oleh Kankemenag Kota Pariaman. Ini berkat dukungan dan dorongan Kepala Kantor Kementerian Agama. Untuk menggenjot  inilah makanya setiap HAB di setiap tahunnya selalu ada kategori Humas Tergiat TK Kota Pariaman sebagai Reword bagi Waka Humas Madrasah untuk lebih bersemangat,  semoga prestasi Humas Terbaik TK Sumbar dan Madrasah Tergiat TK Sumbar dapat diraih dan dipertahankan." (Rita)