Kemenag Sawahlunto Sebut MHQ Ajang Evaluasi Pondok Tahfiz

Kemenag Sawahlunto Sebut MHQ Ajang Evaluasi Pondok Tahfiz
Kemenag Sawahlunto Sebut MHQ Ajang Evaluasi Pondok Tahfiz

Sawahlunto, Humas - Kementerian Agama Kota Sawahlunto menyelenggarakan Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) selama dua hari antar pelajar yang berasal dari pondok/rumah tahfiz dalam rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76, Kamis (12/1).

Lomba tersebut melibatkan pelajar MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA yang diselenggarakan di dua tempat dan berakhir hari inu.

"Untuk SLTP dan SLTA telah kita laksanakan kemaren di Masjid Agung," ujar Kakankemenag Kota Sawahlunto Dedi Wandra membuka resmi lomba tahfiz antar Madrasah Ibtidaiyah di Masjid Babussalam Lubang Panjang, Kamis (13/1).

Selain memberi motivasi dalam menghafal Al-Quran sebutnya, momen ini sebagai evaluasi terhadap keberadaan pondok tahfiz yang telah berdiri di Sawahlunto selama ini.


"Lomba ini bentuk dukungan Kemenag terhadap program tahfiz yang digulirkan Pemko Sawahlunto," ungkap Dedi.

Ditambahkan, pondok tahfiz di Kota Sawahlunto yang ada baru mendapat rekomendasi izin operasional dari Kemenag 20 buah.

"Kami imbau pondok atau rumah tahfiz yang lain agar mengurus izin operasionalnya ke Kemenag," demikian kata Dedi pada acara pembukaan yang juga dihadiri Kabag Kesra Setdako Sawahlunto,.K

Kakankemenagpun berharap, Pemko menganggarkan bimbingan teknis bagi pondok tahfiz guna meningkatkan mutu dan kualitas.

"Terimakasih semua pihak atas terlaksananya acara ini, melihat tingginya antusias kalau bisa lomba tahfiz kita adakan setiap semester," pintanya.

Sehari sebelumnya, Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti saat membuka lomba tahfiz untuk tingkat SLTP dan SLTA di Masjid Agung Nurul Islam mengucapkan terima kasih kepada Kemenag yang telah menyelenggarakan lomba Hifzhil Quran sebagai evaluasi perkembangan hasil pembelajaran rumah tahfiz.

"Kegiatan ini sangat kami dukung sekali, selamat HAB ke-76," sebut Wawako Zohirin Sayuti.

Rumah tahfidz  yang berada di bawah binaan Pemkot Sawahlunto terang Wawako pada tahun 2021 ada 36 buah sedangkan untuk tahun ini ditargetkan berdiri sampai 50 buah. 

"Untuk besaran insentif yang diterima guru TPQ/TPA/TPSQ sebesar Rp500 ribu/bulan sedang guru tahfidz sebesar Rp1.500.000,-/bulan.

Diuraikan pula, Pemko memberikan perhatian khusus dan mendukung kegiatan keagamaan, dimana itu sudah tercantum dalam misi nomor pertama Pemko Sawahlunto yaitu menciptakan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik. (fahmi) *rzk