Perdana di Tahun 2022, Kakan Kemenag Kota Pariaman Menyaksikan Pengukuran Arah Kiblat

Perdana di Tahun 2022, Kakan Kemenag Kota Pariaman Menyaksikan Pengukuran Arah Kiblat

Pariaman, Humas--Masalah kiblat tiada lain adalah masalah arah, yakni arah Ka’bah di Makkah. Arah Ka’bah ini ditentukan dari setiap titik atau tempat di permukaan bumi dengan melakukan perhitungan dan pengukuran. Oleh sebab itu, perhitungan arah kiblat pada dasarnya adalah perhitungan yang dimaksudkan untuk mengetahui ke arah mana Ka’bah di Makah itu dilihat dari satu tempat di permukaan bumi, sehingga semua gerakan orang yang sedang melaksanakan shalat, baik ketika berdiri, ruku’, maupun sujudnya selalu berimpit dengan arah yang menuju ka’bah.

Umat Islam telah bersepakat bahwa menghadap kiblat dalam shalat merupakan syarat sahnya shalat, sebagaimana dalil-dalil syar’i yang ada. Bagi orang-orang di Kota Makkah dan sekitarnya perintah demikian ini tidak menjadi persoalan, karena dengan mudah mereka dapat melaksanakan perintah itu. Namun bagi orang-orang yang jauh dari Mekkah seperti Kota Pariaman tentunya timbul permasalahan tersendiri.

Berdasarkan fenomena yang terjadi ini, Kankemenag Kota Pariaman melalui Kasi Bimas mempunyai program pengukuran arah kilat bagi masyarakat yang membutuhkannya. Hal ini dilakukan kalau ada permintaan dari masyarakat secara tertulis agar Masjid, Mushalla dan langgar yang dijadikan tempat ibadah bisa diukur kembali keakuratan arah Kiblat tempat mereka melaksanakan shalat lima waktu sehari semalam.

Demikianlah yang dilakukan Pengurus Mushalla Janur Al-Hidayah Desa Pakasai beberapa waktu yang lalu, memasukan surat ke Kankemenag Kota Pariaman dengan tujuan agar Kiblat  Mushallanya diukur  sehingga akurat dan  tepat sasaran dan membuat jama’ahnya nyaman melaksaakan Shalat Lima Waktu Sehari Semalam

Memenuhi permintaannya itu, Miswan selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman ikut menyaksikan secara langsung pengukuran arah kiblat yang dilakukan oleh jajarannya di Mushalla Janur Al-Hidayah dan ini merupakan pengukuran arah kiblat perdana di Tahun 2022.

Miswan berharap semoga dengan pengukuran arah kiblat ini bisa memberikan motivasi dan dorongan bagi Masjid  dan  Mushalla yang  lain ada di  Kota Pariaman, tutup Miswan mengakhiri. (rr)