Kakankemenag Agam, Drs. H. Marjanis, M.Pd Optimis Penting Karena Akan Memicu Semangat

Kakankemenag Agam, Drs. H. Marjanis, M.Pd Optimis Penting Karena Akan Memicu Semangat
Kakankemenag Agam, Drs. H. Marjanis, M.Pd Optimis Penting Karena Akan Memicu Semangat
Kakankemenag Agam, Drs. H. Marjanis, M.Pd Optimis Penting Karena Akan Memicu Semangat

Agam, Lubuk Basung, Humas - "Kita mesti Optimis Tahun ini Jama'ah Haji akan diberangkatkan, untuk membangkitkan semangat" ini disampaikan oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam Drs. H. Marjanis, M.Pd dalam rapat kerja jajaran seksi PHU dan Stake holder terkait dengan pelaksanaan program Kementeria Agama tentang manasik haji sepanjang tahun di Aula Pelayanan PHU Kemenag Agam Belakang Balok Jum'at 28 Januari 2022

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 2022, kepala seksi PHU Kemenag Agam Zulkarnain Batubara, S. Ag susun langkah-langkah dan matangkan perencanaan untuk pelaksanaan program Manasik Haji sepanjang tahun bagi calon jama'ah haji Kabupaten Agam yang sudah dua periode pelaksanaan ibadah haji tertunda pelaksanaannya.

"ini perlu dikaji apakah manasik haji ini akan dilaksanakan atau menunggu keputusan pemerintah tentang keberangkatan jama'ah tahun 2022 ini" ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Kabupaten Agam Drs. H. Darnis Burhan dan pengurus, Perwakilan Kepala KUA, Ketua dan anggota APRI, Ketua dan Sekretaris Pokjaluh Kabupaten Agam serta perwakilan Jama'ah haji Kabupaten Agam, dibawah keragu-raguan dan ketidak pastian keberangkatan jama'ah calon  haji dalam situasi pandemi Covid-19, berbagai pertimbangan perlu dibahas termasuk mental jama'ah seandainya keberangkatan jama'ah tahun ini masih ditunda ungkap salah seorang peserta rapat.

Dalam arahannya terkait pelaksanaan manasik haji Drs. H. Marjanis, M.Pd menyampaikan "kita mesti optimis, bangkitkan semangat keberangkatan haji tahun ini mesti dimunculkan" sekalipun keluar keputusan pemerintah nantinya bahwa tahun ini keberangkatan jama'ah haji masih ditunda dengan berbagai pertimbangan dimasa pandemi, toh kita sudah melaksanaan sunnah Rasul SAW tentang menuntut ilmu, menuntut ilmu itu bukan karena ada hajat kita terhadap sesuatu saja namun kita disuruh untuk belajar sepanjang hayat, tegas Marjanis.

Pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun tetap kita laksanakan dan itu terbuka bagi jama'ah secara umum yang sudah dekat masa tunggu maupun masa tunggunya masih panjang, dan berapapun jama'ah yang ada kita akan tetap laksanakan, ungkap Marjanis dengan penuh semangat, kita jangan pesimis dan putus asa karena itu sangat bertolak belakang dengan aqidah kita selaku orang yang beriman, tegasnya.

Dalam waktu yang sama Marjanis juga berharap kepada Ketua IPHI Kabupaten Agam terkait dengan niat mulia pembangunan Islamic Centre IPHI Agam, agar dapat melaksanakan pertemuan rutin IPHI Kabupaten dengan IPHI Kecamatan untuk percepatan pembangunan gedung Pusat kegiaatan Keagamaan yang telah diresmikan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sumatera Barat beberapa waktu lalu, ini sebagai bentuk kepedulian Putra Agam ini terhadap tanah kelahiran dan kebaikan masyarakatnya. Yandri