Guru yang Berkarakter akan Mendidik dengan Sepenuh Hati

Guru yang Berkarakter akan Mendidik dengan Sepenuh Hati

Agam, Humas---Pendidikan merupakan sektor yang paling penting dalam mempersiapkan Indonesia sebagai negara maju. Salah satu ujung tombak pendidikan yang berkualitas adalah guru yang berkarakter baik. Demikian disampaikan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Agam, Drs. H. Marjanis, M.Pd. saat menyosialisasikan 10 indikator guru berkarakter di hadapan seluruh guru dan pegawai MAN 2 Agam, Kamis, 3 Februari 2022.

Marjanis menyampaikan 10 indikator guru berkarakter itu, sebagai berikut: memiliki pengetahuan keagamaan yang luas dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari secara aktif, meningkatkan kualitas keilmuan secara berkelanjutan, zuhud dalam kehidupan, mengajar dan mendidik untuk mencari ridho tuhan, bersih jasmani dan rohani, pemaaf, penyabar, dan jujur, berlaku adil terhadap peserta didik dan semua stakeholders pendidikan, mempunyai watak dan sifat rabbaniyah yang tercermin dalam pola pikir, ucapan, dan tingkah laku, tegas bertindak, profesional, dan proporsional, tanggap terhadap berbagai kondisi yang mungkin dapat mempengaruhi jiwa, keyakinan dan pola pikir peserta didik, menumbuhkan kesadaran diri sebagai da’i.

Lebih lanjut marjanis menyampaikan kepribadian seorang guru akan terlihat dari sikapnya ikhlas beramal dalam setiap pekerjaan. “Dengan ikhlas beramal maka guru akan mencintai pekerjaannya dan akan mendidik dengan sepenuh hati.” ujar Marjanis.

Al Hilal, Kepala MAN 2 Agam menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Kemenag Agam karena telah meluangkan waktu memberikan pembinaan terhadap guru-guru MAN 2 Agam. “Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong guru-guru agar lebih memiliki kepribadian yang luhur sehingga mampu memberikan pelayanan lebih prima kepada siswa.” ujar Al Hilal.***Mira Elfia