BKMT Kota Bukittinggi Terima Kunjungan BKMT Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak

BKMT Kota Bukittinggi Terima Kunjungan BKMT Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak
BKMT Kota Bukittinggi Terima Kunjungan BKMT Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak
BKMT Kota Bukittinggi Terima Kunjungan BKMT Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak
BKMT Kota Bukittinggi Terima Kunjungan BKMT Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak

Bukittinggi, Humas--BKMT Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak melakukan kunjungan Muhibbah dan Study Tiru ke BKMT Kota Bukittinggi, Sabtu (12/2).

Rangkaian kegiatan tersebut juga diisi dengan shalat zuhur berjama'ah dan mengikuti pengajian dengan narasumber ketua BKMT Kota Bukittinggi, ustadz H. Syamsul Bahri bertempat di Masjid Raya Pasar Atas Bukittinggi.

25 orang rombongan BKMT dari Kabupaten Siak tersebut juga menyempatkan mengunjungi beberapa destinasi objek wisata dan pasar Kota wisata di Kota Bukittinggi. Setelah kegiatan di Masjid Raya rombongan diterima di sekretariat PD-BKMT Kota Bukittinggi.

Ketua BKMT Kota Bukittinggi, H. Syamsul Bahri memaparkan berbagai program unggulan dan dukungan serta kerjasama BKMT dengan lintas Ormas Islam, Kemenag, Dinas / Instansi terkait dan dukungan Pemko Bukittinggi terhadap geliat kehidupan beragama di Kota ini.

Dialog yang penuh kekeluargaan itu juga dihiasi dengan menikmati nasi bungkuih daun ala majelis taklim. Serta menikmati kuliner khas daerah setempat.

"Masa pandemi ternyata tidak menghalangi dakwah dan pencerdasan umat di berbagai bidang keagamaan. Bahkan kepedulian sosial semakin meningkat, walaupun digerakkan secara virtual, seperti bantuan dan donasi BKMT untuk berbagai fasilitas keagamaan melalui infak, wakaf, sedekah dan lainnya," papar H. Syamsul Bahri.

Selanjutnya H. Syamsul Bahri yang juga merupakan ASN Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini menyampaikan bahwa BKMT Kota Bukittinggi membina lembaga keuangan syari'ah dalam bentuk Baitul Maal wa Tamwil (BMT). BMT Al-Hijrah yang pendirinya adalah 30 % para pendiri, pembina, pengurus, dan jemaah BKMT dari modal awal bersama 60 juta, kini telah berkembang menjadi 9 Milyar lebih.

BMT Ar-Raudhah di BKMT Kec. Mandiangin Koto Selayan, BMT khairu Ummah di BKMT Kec. Guguak Panjang dan BMT Tijaratan Lan Tabuura di BKMT Kec. Aur Birugo Tigo Baleh. Ketiganya terus berpacu, dan berkompetisi menjadi lembaga keuangan syari'ah terbaik di daerahnya. Dengan berbagai program yang menyentuh umat. Membebaskan umat dari rentenir dan praktek riba. Serta membantu berbagai keperluan dan kebutuhan jemaah secara online, COD dan akad transaksinya sesuai kaedah syari'at Islam.

"BKMT Kota Bukittinggi mempunyai puluhan siswa dan mahasiswa binaan yang dibiayai dengan program Anak Asuh BKMT bekerjasama dengan keluarga besar RS. Madina Bukittinggi. Dan mengumpulkan donasi di even Kota. Puluhan diantara anak asuhan tersebut kini telah tamat pendidikan, S.1 dan S.2, sudah hidup mandiri dan bekerja serta berkeluarga. Maka ia pun menjadi orang tua asuh berikutnya," papar Ketua BKMT Kota Bukitinggi ini lagi.

"Semoga Majelis Taklim terus berkhidmat untuk Islam karena Allah. Pelihara keikhlasan niat mengemban amanah dakwah dan pendidikan di BKMT. Jaga kekompakan, kesatuan dan persatuan serta bersinergi dengan berbagai elemen dan steakholders dalam menyukseskan program pembangunan keagamaan," harap H. Syamsul Bahri memgakhiri sambutannya didampingi 17 orang  personel Pengurus Daerah dan 12 orang Pengurus Permata BKMT Masjid Raya Bukittinggi.

Sementara itu Fauziah, selaku pimpinan rombongan didampingi sekretaris, bendahara dan jemaahnya merasa amat terkesan dengan keindahan kota dan aktifitas BKMT serta sinergisitas dan dukungan Pemko, Kemenag, serta MUI dan Ormas Islam kepada BKMT di Bukittinggi.

"Kami merasa termotivasi dan berjanji akan meningkatkan peran dan fungsi Majelis Taklim di daerah kami kedepannya. Kami juga berharap ada kunjungan balasan dari Bukittinggi sekaligus sebagai narasumber pembinaan BKMT di Kab. Siak," pungkas Fauziah di akhir sambutannya. (Syafrial)