Siapkan Calon Pemimpin Masa Depan, Kakan Kemenag Buka LDKS MAN 1 Padang Pariaman

Siapkan Calon Pemimpin Masa Depan, Kakan Kemenag Buka LDKS MAN 1 Padang Pariaman
Siapkan Calon Pemimpin Masa Depan, Kakan Kemenag Buka LDKS MAN 1 Padang Pariaman

Padang Pariaman, Humas -- Dalam rangka membekali siswa sebagai calon pemimpin yang berilmu pengetahuan,  MAN 1 Padang Pariaman gelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Aula INS Kayutanam, Jumat (25/02/2022).

Kegiatan yang digagas oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Ali Nurdin, MA sebagai Ketua Pelaksana ini, diikuti siswa-siswi pilihan dari OSIM dan utusan kelas MAN 1. Selain itu, turut diundang siswa yang berasal dari sekolah KKM MAS se kabupaten Padang Pariaman yaitu MAS Kepala Hilalang, MAS Persada Ulakan, MAS Nurul Yaqin Ambung Kapur dan MAS Gunung Padang Alai. Dijadwalkan, kegiatan ini akan berlangsung hingga Minggu (27/02/2022) mendatang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman H. Syafrizal, S.Ag. Turut hadir, Kepala MAN 1 Padang Pariaman Amrizon, S.Pd, M.Pdi, Kepala Urusan Tata Usaha Adrizal, A.Md,  Wakil Kepala Bidang Kurikulum Nelhasrati, S.Ag, Wakil Kepala Bidang Humas Nurlela, S.Ag,  Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana H. Sakirman, S.Pd, M.Si dan Pembina OSIMA Dewi Fitri Yanti., S.Pd. 

Kepala MAN 1 Amrizon, S.Pd, M.Pdi  dalam sambutannya mengatakan, kegiatan LDK ini merupakan sarana bagi siswa dalam pembentukan karakter kepemimpinan. Dalam jangka pendek, kepemimpinan yang dimaksud adalah minimal mampu menjadi pemimpin di kelas dan di organisasi sekolah. Sedangkan, tujuan utamanya adalah bagaimana mempersiapkan generasi penerus bangsa dari MAN sebagai pemimpin di masa depan.

“Ananda adalah orang yang terpilih untuk mengikuti acara ini, untuk itu ikutilah kegiatan ini dengan niat ikhlas dan berniat menjadi pemimpin yang berilmu di masa depan. Beranilah bermimpi yang lebih besar untuk meraih kesuksesan,” ujar Amrizon.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman H. Syafrizal, S.Ag dalam arahannya mengatakan, generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundak merekalah harapan bangsa ini untuk dapat lebih maju. Untuk itu, generasi muda harus dibekali dengan pola pemikiran dan skill yang positif. Sehingga dapat memberikan masukan dan energi yang positif.

“Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, Ananda harus disiplin di segala bidang, tangguh secara fisik dan mental. Oleh karena itu, melalui kegiatan LDKS ini diharapkan Ananda semua mampu memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme, memiliki rasa cinta terhadap tanah air yang sangat tinggi, sekaligus sikap hormat-menghormati, toleransi dan sopan santun,” kata H. Syafrizal.

Pada kesempatan ini, Kakan Kemenag juga berkisah tentang kehidupan dan pengalamannya mulai dari Madrasah hingga menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman seperti saat ini. Ia bercerita, jiwa kepemimpinan dapat diraih melalui tempaan dalam berorganisasi. Untuk itu, H. Syafrizal mengajak seluruh peserta agar aktif dalam setiap kegiatan organisasi namun tetap tidak lalai dalam pendidikan formal.

"Kuasailah ilmu kepemimpinan melalui hidup berorganisasi. Kita semua memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin. Hanya orang yang mau menempa diri yang mampu mewujudkannya.”

“Ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh untuk belajar menjadi pemimpin yang baik, berdisiplin dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam mencapai hasil yang terbaik,” pungkas H.Syafrizal. (Nurlela/Asmardi/Edo)