Kemenag Sawahlunto Imbau Calon Haji Tingkatkan Kesabaran

Kemenag Sawahlunto Imbau Calon Haji Tingkatkan Kesabaran
Kemenag Sawahlunto Imbau Calon Haji Tingkatkan Kesabaran

Sawahlunto, humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto Dedi Wandra menghimbau calon haji agar meningkatkan kesabaran. Hal itu Ia sampaikan pada acara sosialisasi kesehatan jemaah haji persiapan keberangkatan menuju haji mandiri dan mabrur yang digelar di Aula Kantor Kemenag Sawahlunto, Selasa (8/3).

"Kondisi sekarang adalah takdir dan ujian bagi kita semua, mari tingkatkan kesabaran," ujarnya.

Dedi menambahkan, kesabaran adalah modal dasar dan kunci sukses dalam menjalani ibadah haji.

"Dalam menjalankan ibadah haji nanti, jemaah akan menemui semua tipe perilaku manusia seperti latarbelakang pendidikan maupun pekerjaan, disini dibutuhkan kesabaran," ulasnya.

Terkait informasi haji beredar melalui berbagai media, Kakankemenag Dedi mengingatkan untuk tidak terprovokasi dengan berita-berita hoaks.

"Kalau bapak dan ibu butuh informasi haji, silahkan langsung berkomunikasi dengan kami di Kemenag seksi haji dan umrah," pintanya membuka resmi sosialisasi.

Pada kesempatan tersebut, Kakankemenag menyinggung pula kondisi kini pelaksanaan umrah tanpa adanya pemeriksaan ketat yang berhubungan dengan virus korona.

"Kini jemaah umrah di sana, tidak lagi dikarantina, PCR, mengatur jarak namun untuk masker tetap, semoga haji nanti juga demikian," tuturnya.

Menutup sambutan, Dedi mengingatkan pentingnya menyiapkan mental, kesehatan dan mengikuti bimbingan manasik haji secara rutin yang akan dilaksanakan setelah bulan suci Ramadan.

Sebelumnya pelaksana kegiatan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Sawahlunto, Zainul Arizal menjelaskan, sosialisasi diselenggarakan selama sehari, tidak diikuti seluruh calon haji karena keterbatan biaya.

"Untuk sekarang hanya 30 orang peserta, kegiatan kita bertahap karena keterbatasan anggaran," katanya.

Turut hadir sekaligus sebagai narasumber, Kepala dinas Kesehatan Kota Sawahlunto, Yasril. (fahmi) rzk