Peduli Bencana, Kemenag Pessel Bantu Korban Gempa Pasaman Barat dan Pasaman

Peduli Bencana, Kemenag Pessel Bantu Korban Gempa Pasaman Barat dan Pasaman

Painan, Humas--Kemenag Pessel Peduli menyalurkan bantuan sebagai bentuk kepedulian dalam membantu warga terdampak gempa yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman beberapa waktu lalu. Bantuan ini diserahkan Kepala Kankemenag Pesisir Selatan ke lokasi, Jumat (11/3).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengatakan bantuan disalurkan melalui posko bantuan Kanwil Kemenag Sumbar berjumlah sebesar Rp 5.695.000 dan diantar langsung ke lokasi dalam bentuk barang berupa beras, indomie, susu, gula pasir, minyak goreng, telur, biskuit, dan bahan keperluan lainnya sebesar Rp 7.761.500 serta uang tunai 10.550.000, dengan total bantuan sebanyak Rp 24.006.500.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Kepala Kankemenag Pesisir Selatan, Abrar Munanda didampingi Ketua DW, Ny. Yenny Abrar dan Plh. Kasubbag TU, Sumardi, Kasi PD Pontren Sudirman serta beberapa JFU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, ke Posko Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat dan melihat langsung ke lokasi bencana di Pinaga.

Abrar Munanda mengatakan, bantuan yang disalurkan hari ini adalah bentuk empati dan kepedulian dari seluruh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan yang turut merasakan kesulitan warga terdampak bencana gempa dengan magnitudo 6.1 yang mengguncang Pasaman Barat dan Pasaman beberapa minggu lalu.

Abrar Munanda juga menyebutkan sebelumnya juga telah ada Satker di bawah jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan yang telah menyerahkan bantuan langsung, seperti MAN 2 Pessel.

"Dan menurut rencana besok, Sabtu siang InsyaAllah juga akan ada bantuan dari Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Lakitan yang juga akan menyerahkan bantuan," ungkap kakan kemenag tersebut.

"Semoga masyarakat yang terdampak selalu diberikan kekuatan dan keselamatan untuk melalui cobaan ini dan kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban para korban, semoga cepat pulih dan bangkit dari bencana yang menimpa,” ungkap Abrar.

Sementara itu mewakili Kakan Kemenag Kabupaten Pasaman Barat, Kasubbag TU, Sufrinas menyampaikan rasa terima kasih atas rasa empati yang dalam ter­hadap musibah tersebut.

Sufrinas juga mengatakan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat juga sebagai tempat Camp pengungsian bagi warga yang rumahnya terkena dampak.

"Menurut informasi yang kami peroleh berdasarkan perkembangan data terkini di Pasaman Barat pada Jumat tercatat total rumah rusak mencapai 2.993 unit, rumah rusak berat mencapai 1.240 unit, rusak sedang 703 unit dan rusak ringan 1.050 unit," ujar Sufrinas. (zn)