MTsN 1 Payakumbuh Gelar Gelora Tsapa Competition dan Kegiatan Market Day

MTsN 1 Payakumbuh Gelar Gelora Tsapa Competition dan Kegiatan Market Day
MTsN 1 Payakumbuh Gelar Gelora Tsapa Competition dan Kegiatan Market Day

Payakumbuh, Humas--Dalam rangka menggali dan mengembangkan minat dan prestasi peserta didik SD/MI se kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Tanah Datar dan sekitarnya, MTsN 1 Kota Payakumbuh menggelar acara Gelora Tsapa Competition tahun 2022.

Acara yang digelar di Halaman Madrasah, Sabtu dan Minggu (12 sd 13 Maret 2022), dihadiri Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh diwaliki Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Kelurahan Tanjung Gadang Sei. Pinago, Kepala Madrasah se Kota Payakumbuh, Pengurus Komite dan juga tokoh masyarakat Sungai Pinago.

Pada kegiatan GTC (Gelora Tsapa Competition) tahun 2022 ini mengusung tema “Siap Beraksi, Tunjukkan Prestasi, Ciptakan Madrasah Mandiri, Hebat, dan Bermartabat”. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh diwaliki Kasi Pendidikan Madrasah, H. Jufrimal, Sabtu (12/3).

Dalam sambutannya H. Jufrimal menyatakan kebanggaannya pada MTsN 1 Kota Payakumbuh yang telah berhasil mengukir prestasi dan mengharumkan nama Kota Payakumbuh dalam berbagai cabang lomba yang diikuti baik tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan peserta didik MTsN 1 Kota Payakumbuh juga tampil dalam beberapa event internasional.

“Baru- baru ini Novdya Dwi Luhuria, salah seorang guru IPS MTsN 1 Kota Payakumbuh juga lulus dalam seleksi tahap 4 AKMI (Assesment Kompetensi Madrasah Indonesia) tahun 2022, yang merupakan satu-satunya peserta yang lulus di Kota Payakumbuh. Selain itu Reni Deswita Elizar, juga memperoleh penghargaan sebagai juara 1 guru inspiratif tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2021,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Madrasah, Hj. Ermita, menyampaikan ucapan terimakasih kepada madrasah/sekolah yang telah mengutus peserta didiknya untuk mengikuti perlombaan di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Sebanyak 317 orang peserta lomba hadir dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan GTC ini.

Hj. Ermita juga menginformasikan cara belajar peserta didik MTsN 1 yang menggunakan e-learning CBT bahkan kegiatan lomba bidang studi juga menggunakan e-learning untuk memperkenalkan aplikasi ini pada calon-calon peserta didik MTsN 1 Kota Payakumbuh.

Disamping mengadakan lomba, MTsN 1 juga menggelar Market Day. Peserta didik kelas 8 dan 9 sudah siap dengan stand-stand Market Day mereka di halaman madrasah. Hj. Ermita juga mengajak seluruh hadirin yang hadir untuk mengunjungi stand-stand Market Day yang sudah dipersiapkan oleh peserta didik dalam rangka memupuk dan mengembangkan jiwa kewirausahaan”.

Tidak lupa kepala madrasah juga mengajak seluruh peserta lomba, baik lomba bidang studi IPA, IPS, Matematika, dan PAI, serta cabang lomba lainnya pidato, tahfidz, dan solo song, untuk mengikuti kompetisi ini secara jujur dan sportif karena untuk seluruh cabang lomba yang membutuhkan juri, MTsN 1 Kota Payakumbuh mendatangkan juri dari luar sehingga bebas dari intervensi sedangan untuk lomba bidang studi, peserta didik dapat melihat perolehan nilai mereka langsung setelah mereka mengirimkan hasil ujiannya.

Ketua komite H. Erman Ali menyatakan sangat puas dengan acara yang diangkat MTsN 1 Kota Payakumbuh. Mulai dari acara penyambutan dengan menampilkan tari pasambahan oleh Tim Kesenian MTsN 1, penampilan menyanyi solo oleh Tharisa Najwa Syifa, salah seorang peserta didik multi talent yang berprestasi dalam bidang pramuka, menyanyi solo, dan tenis meja serta Fikrianda Ardian yang berhasil meraih Top 10 Finalis Duta Pramuka Indonesia.

Ia juga menegaskan, sekalipun tahun 2022 ini baru berjalan selama 2,5 bulan, tapi MTsN 1 Kota Payakumbuh sudah banjir prestasi dan tentunya banjir tropi. Semoga untuk kedepannya MTsN 1 Kota Payakumbuh tetap menjadi yang terbaik”, ujarnya menutup wawancara singkat tersebut. (NV/Rina)