KUA Kecamatan Baso Adakan Suscatin Bagi Pra-Nikah

KUA Kecamatan Baso Adakan Suscatin Bagi Pra-Nikah

Baso, Humas—Kursus calon pengantin yang selanjutnya disebut dengan suscatin adalah pemberian bekal pengetahuan pemahaman dan keterampilan, dalam waktu singkat kepada catin tentang kehidupan rumah tangga/keluarga. Hal. Ini merujuk pada peraturan Dirjen Bimas Islam No. DJ.II/491 tahun 2009 yang diperbaharui dengan peraturan Dirjen Bimas Islam No. DJ.II/542 Tahun 2013 pasal I sebagai dasar hukumnya.

Jadi, pada dasarnya suscatin merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah yang dalam hal ini dilaksanakan oleh KUA Kec. Baso untuk membekali calon pengantin dalam menyongsong mahligai rumah tangga agar dalam praktek rumah tangga nanti keduanya atau pasangan suami steri memiliki dan mampu menerapkan bekal psikis dan ketrampilan dalam menghadapi setiap problematika keluarga.

Dengan demikian, cita-cita terbentuknya keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah akan lebih mudah tercapai dan sekaligus terwujud pula masyarakat yang harmonis, serta terhindar dari konflik dan perceraian. Secara teoretis, cakupan materi suscatin yang diselenggarakan oleh KUA sudah cukup representatif, yakni meliputi tatacara dan prosedur perkawinan; pengetahuan agama; peraturan perundangan dibidang perkawinan dan keluarga; hak dan kewajiban suami istri; kesehatan reproduksi perempuan; manajemen keluarga;dan psikologi perkawinan dan keluarga.

Hadir pada kegiatan tersebut Ka.KUA, Penghulu, PAIF, Pegawai KUA, Wali Nikah serta calon suami/istri, terdiri dari 09 pasang yang mana pelaksanaannya ditetapkan pada setiap hari selasa tiap minggunya, (220322).

Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan mendapatkan bekal yang akan dipersiapkan dalam menjalani berumah tangga dan sukses dalam acara ijab qabul. Amiin. (LS).