Monev Ujian Madrasah, Dr. H. Helmi : Digitalisasi Madrasah Berikan Kemudahan dan Tingkatkan Mutu

Monev Ujian Madrasah, Dr. H. Helmi : Digitalisasi Madrasah Berikan Kemudahan dan Tingkatkan Mutu
Monev Ujian Madrasah, Dr. H. Helmi : Digitalisasi Madrasah Berikan Kemudahan dan Tingkatkan Mutu

Padang Pariaman, Humas - Monitoring dan Evaluasi Ujian Madrasah hari ke-2, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar, Dr. H. Helmi, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal dan Kepala MAN 1, Amrizon beserta jajaran, tinjau pelaksanaan hari ke-3 Ujian Madrasah di MAN 1 Padang Pariaman, Rabu (23/03/2022).

Dijelaskan Ka. Kankemenag, penggunaan Aplikasi Blended Learning ini sudah dimulai sejak pandemi Covid-19. Seiring perkembangannya, aplikasi GeSchool terus ditingkatkan fiturnya.

"Aplikasi Blended Learning untuk ujian madrasah sudah digunakan 2 (dua) tahun belakangan. Salah satu fitur aplikasi ini yaitu dapat melihat proses pengerjaan soal ujian oleh siswa secara real time," ujar H. Syafrizal melaporkan kepada Ka. Kanwil.

"Ketika ujian selesai, pengawas dapat langsung mengunduh nilai siswa dalam bentuk file excel. Nilai ini selanjutnya diserahkan kepada guru bidang studi untuk diolah," sambung Ka. Kankemenag.

Dalam arahannya, Ka. Kanwil mengatakan, era digital memberikan kemudahan. Meski demikian, kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia juga menjadi kunci dalam penerapannya.

"Tidak dipungkiri lagi bahwa digitalisasi madrasah merupakan suatu keharusan pada era digital saat ini. Penggunaan aplikasi berbasis komputer dapat memudahkan aktivitas dan meningkatkan mutu," tutur Dr. H. Helmi.

Dr. H. Helmi menambahkan, peningkatan mutu madrasah akan melahirkan lulusan yang bermutu. Untuk itu, ujian madrasah ini merupakan salah satu parameter mutu lulusan. Harapannya, lulusan madrasah memiliki daya saing untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi baik dalam negeri bahkan luar negeri.

"Mutu madrasah pastinya akan seiring dengan mutu lulusannya. Selamat mengikuti ujian kepada anak-anak kami. Harapan kami, lulusan madrasah mampu bersaing secara akademis dan memiliki akhlak mulia" pungkasnya. (edo)