Helmi: Kepala MAN 4 Agam Penggagas Pertama Wisuda Tahfizh Kalangan Guru dan Pegawai

Helmi: Kepala MAN 4 Agam Penggagas Pertama Wisuda Tahfizh Kalangan Guru dan Pegawai

Humas, Agam (28/03/2022) Kegiatan tahfizh al Quran di MAN 4 Agam merupakan salah satu kegiatan ektra kurikuler yang cukup bergensi dan banyak peminat. Hal ini menyusul setelah ditetapkannya oleh pihak MAN 4 Agam bahwa tahfizh al Quran merupakan salah satu icon di madrasah ini.

Kepala MAN 4 Agam, Zulfahmi menegaskan dalam ekspos MAN 4 Agam tahun 2022 beberapa waktu lalu, “eksistensi ektra kurikuler tahfizh al Quran di MAN 4 Agam, harus mendapat dukungan dan perhatian istimewa karena merupakan icon madrasah”, tegas Zulfahmi sungguh-sungguh.

Tak tanggung-tanggung tahun 2022 ini, MAN 4 Agam melalui lembaga tahfiz al Qurannya kembali mewisuda para hafizh dan hafizhah dari kalangan peserta didik bahkan dari kalangan guru dan pegawai MAN 4 Agam. Untuk tahun 2022 prosesi wisuda telah dilaksanakan secara resmi pada Kamis (17/3/2022).

Dari tinjauan tim humas MAN 4 Agam dalam kegiatan tahfizh ini, didapat informasi bahwa siswa/wi MAN 4 Agam yang akan diwisuda tahun 2022 ini berjumlah 39 orang. Mereka adalah siswa/wi kelas XII yang telah dibesarkan oleh pembina tahfizh MAN 4 Agam, Naharuddin al Maliki dan Hengki Saputra. Kedua pembina tahfizh MAN 4 Agam yang akrab dipanggil ustadz ini adalah hafizh yang kredibel telah mengantongi  hafalan al Quran 30 juz.

Prestasi yang luar biasa dari lembaga tahfizh MAN 4 Agam, bahwa tahun 2022 ini, perdana akan ikut diwisuda para hafizh dan hafizhah dari kalangan guru dan pegawai MAN 4 Agam. Keikutsertaan guru dan pegawai MAN 4 Agam dalam kegiatan tahfizh ini, menunjukkan konsistensi dan semangat luar biasa menjadikan tahfizhul quran sebagai icon madrasah. Inilah yang ditegaskan kepala MAN 4 Agam dalam ekspos madrasah tahun 2021 lalu.”Tahfizhul Quran  layak dijadikan sebagai salah satu icon madrasah, apalagi dengan keikutsertaan hafizh dan hafizhah dari kalangan guru dan pegawai yang sangat kita apresiasi.”

Tahun ini, diwisuda hafizh dan hafizhah MAN 4 Agam dari kalangan guru dan pegawai sebanyak 6 orang. Yaitu Hilmayetti, Dewi Fitra, Arif Kurniawan, Dewi Susanti, Mitratur Rahmah dan Desmayuni. Dengan jumlah hafalan berkisar  5 juz. Jelang wisuda akbar hafizh dan hafizhah MAN 4 Agam tahun 2022 ini,, telah berlangsung gebyar tasmi’. Kegiatan tasmi’ ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan tahfizh yang  bertujuan melaksanakan uji kelayakan hafalan para hafizh dan hafizhah MAN 4 Agam, sehingga pantas untuk diwisuda. “Gebyar tasmi’ digelar menjelang prosesi wisuda agar dari kegiatan ini dilahirkan hafizh dan hafizhah yang punya kredibilitas dan mumpuni sehingga layak untuk diwisuda, papar Naharuddin al Maliki, salah seorang pembina tahfizh MAN 4 Agam.

Helmi, pengawas madrasah kabupaten Agam, disela kunjungan monev pelaksanaan UM tempo lalu, saat mendapat informasi  munculnya hafizh dan hafizhah dari kalangan guru dan pegawai yang dilahirkan lembaga tahfizh al Quran MAN 4 Agam ini, sangat terpesona dan mengapresiasi. Beliau sontak menyatakan bahwa kepala MAN 4 Agam adalah orang yang pertama penggagas tafizh al Quran di kalangan guru dan pegawai. “Pak Zulfahmi (kepala MAN 4 Agam) merupakan penggagas pertama wisuda tahfizh dari kalangan guru dan pegawai yang dimunculkan lembaga tahfizh MAN 4 Agam, sangat kami apresiasi”, tegas Helmi bersemangat.

Kepala MAN 4 Agam sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan animo besar para hafizh Quran terutama dari kalangan guru, semoga semakin meningkatkan marwah madrasah. Semoga melalui tahfizh al Quran ini terwujudnya madrasah madani yang berprestasi sebagai motto dari MAN 4 Agam. Desmayuni