Penyuluh Agama se- Kab Sijunjung Ikuti Sosialisasi Kemetrologian

Penyuluh Agama se- Kab Sijunjung Ikuti Sosialisasi Kemetrologian

Muaro Sijunjung, Humas-- Penyuluh Agama Islam se Kab Sijunjung ikuti sosialisasi kemetrologian, Selasa (29/3) di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung. Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sijunjung H Irradatillah. Peserta sosialisasi berjumlah 64 orang, terdiri dari penyuluh agama Islam Non PNS dari  8 Kecamatan di Kab Sijunjung.

H. Iradatillah dalam sambutannya tuturkan apresiasi atas jalinan kerja sama Kantor Kemenag Kab Sijunjung dengan Pemerintahan Daerah Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Kab Sijunjung. Kerjasama ini melahirkan MOU dibidang Kemetrologian ketepatan takaran (timbangan) yang dipergunakan dalam jual beli. Harapan kedepan Kemenag Sijunjung dalam hal ini penyuluh agama bersama-sama dapat mensosialisasikan, serta menyampaikan kepada masyarakat secara umum, sekaitan kejujuran dan kebenaran timbangan dalam transaksi jual beli. Sehingga terwujudkan transaksi dan interaksi masyarakat dengan baik dan benar, hingga ujung pencapaian ini adalah terwujudnya zona integritas.

Sebelumnya kepala Dinas Dagperinkop dan UKM Yulizar menuturkan bahwa kegiatan hari ini merupakan tindaklanjut dari MOU antara UPTD Metrologi Legal Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menegah Kabupaten Sijunjung bersama Kemenag Kabupaten Sijunjung pada tahun 2021. Maka dipandang perlu dilaksanakan sosialisasi sebagai upaya menyamakan pemahaman tentang kemetrologian terhadap penyuluh agama, sebab akan menyampaikan kepada masyarakat tentang alat ukur atau takaran yang diperguanakan masyarakat secara umum sesuai dengan perundang-undangan dan syari’at yang berlaku.

Pembukaan sosialisasi dihadiri oleh Wakil Bupati Sijunjung, Sekda Kab Sijunjung, Ka Kan Kemenag Sijunjung diwakili oleh Ketua Pokjaluh Kab. Sijunjung, Pimpinan Baznas Sijunjung, selain itu turut hadir kepala  OPD terkait. Sementara narasumber dalam sosialisasi ini dari Dinas Dagperinkop dan UKM dan Kemenag Sijunjung.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan timbangan dari Baznas Kab Sijunjung diperuntukkan bagi beberapa pedagang yang hadir dalam acara ini.(nori)