Tiga MTsN di Pasaman BaratGelar Perpisahan Peserta Didik

Tiga MTsN di Pasaman BaratGelar Perpisahan Peserta Didik

Pasaman Barat, Humas – Tiga Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Pasaman Barat, Selasa (29/3) ini secara bersamaan, melaksanakan acara perpisahan sekaligus penyerahan kembali siswa kelas IX di lembaga pendidikan masing-masing kepada orangtua para siswa di madrasah bersangkutan.

Tiga madrasah negeri itu adalah, Satu. MTsN 4 Pasaman Barat di Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Dua. MTsN 1 Pasaman Barat di Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, dan Tiga. MTsN 3 Pasaman Barat di Lnggam, Kecamatan Kinali. Setiap madrasah, melaksanakan acara serupa di madrasah bersangkutan, sesuai jadwal masing-masing madrasah.

Di MTsN 4 Pasaman Barat, Simpang Empat, perpisahan siswa kelas terakhir madrasah negeri yang dirangkai dengan pelaksanan khatamquran angkatan pertama dilasanakan di halaman madrasah itu. Selain Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Bakrizal.

Perpisahan siswa kelas akhir di MTsN 4 Pasaman Barat, Bupati, diwakili Kepada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Fadlus Sabi, Ketua Komisi III DPRD Pasaman Barat, Adriwilza, yang mewakili Camat Pasaman, ketua bersama pengurus komite, berama orangtua masing-masing siswa.

Plt. Kasi Penmad, Bakrizal, menyampaikan, tanpa begitu terasa, perjalanan waktu sekaligus mengikuti proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan, seperti di MTsN 4 Pasaman Barat, Simpang Empat cepat berlalu. Artinya, selama tiga tahun proses pembeljaran yang dilalui setiap siswa di madrasahnya, hampir berakhir.

Menurut semestinya, ulas Bakrizal, pekerjaan rumah dan harus dilalui setiap siswa yang tidak berapa lagi akan tercatat sebagai alumni MTsN 4 Pasaman Barat adalah, melanjutkan proses pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Seiring hal itu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Pasaman Barat di Bandarejo Simpang Empat, dan MAN 3 Pasaman Barat di Rambah, Kecamatan Kinali, siap menunggu kehadiran para alumni.

Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmayenti, melalui laporanya pada kegiatab itu menyampaikan, proses perpisahan siswa kelas IX lembaga pendidikan dipimpinnya dirangkai dengan acara khatam quran bagi siswa kelas VII dan VIII. Pada prosesi khatam quran hari ini (Selasa, 29 Maret 2022) dan diikuti sebanyak 86 orang.

Khatam quran, ulasnya, merupakan program unggulan dan diikuti setiap siswa, dari setiap kelas di lokal. Hingga saat ini, MTsN Pasaman Barat, Simpang Empat, mengasuh sebanyak 1.149 orang. Pada setiap kelasnya, terdapat 383 siswa, dengan 30 rombongan belajar (Rombel). Sementara siswa kalas IX yang mengikuti akan mengakhiri proses pembelajaranna di madrash ini berjumlah 407 orang.

Kepala MTsN 3 Pasaman Barat, Gusnifar, menjelaskan, siswa di madrasahnya yang mengikuti acara perpisahan sekaligus penyerahan kembali sebanyak 190 orang dari pihak madrasah kepada orangtua maisng-masing, dihadiri Pengawas Madrasah wilayah utara Pasaman Barat, Mustafa, dengan sejumlah undangan.

Kepala MTsN 1 Pasaman Barat, Yeddawati menambahkan, dengan akan dicatatnya sejumlah siswa kelas IX yang saat ini mengikuti acara perpisahan sekaligus penyerahan kembali siswa kelas akhir ini kepada orangtua masing-masing. Berarti mulai awal tahun ajaran 2022-2023 depan, mereka secara otomatis menjadi alumni. (zar)