Songsong Bulan Suci Ramadhan 1443 H, Kemenag Sawahlunto Bersih-Bersih Masjid

Songsong Bulan Suci Ramadhan 1443 H, Kemenag Sawahlunto Bersih-Bersih Masjid
Songsong Bulan Suci Ramadhan 1443 H, Kemenag Sawahlunto Bersih-Bersih Masjid

Sawahlunto, Humas -- Menghadapi bulan suci Ramadhan 1443 H yang sudah didekat mata, Kementerian Agama Kota Sawahlunto melakukan bakti sosial membersihkan masjid dan musalla, Kamis (31/3).

Kegiatan yang dinamai "Gerakan Thaharah Masjid" itu melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada satuan/unit kerja Kemenag Sawahlunto hingga masyarat instansi pemerintah seperti TNI/Polri.

Sebanyak 11 titik lokasi masjid dan musalla di Sawahlunto menjadi target kegiatan thaharah masjid yang tersebar pada 4 kecamatan.

Adapun masjid dimaksud yakni masjid Taqwa Talawi, masjid Babussalam, masjid Abrar di Kolok dan masjid An-Nur Kayu Gadang Kecamatan Barangin, masjid Baitunnur Kubang dan Nurul Yakin di Kecamatan Lembah Segar serta masjid Al Falah Muarokalaban di Kecamatan Silungkang.

Sementara musalla yakni Baitul Ikhlas Waringin Lubang Panjang, Almuhaimin Muarokalaban dan Musalla MTsN 2 Sawahlunto.

Pelaksana harian Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto, Marzuan mengatakan, gerakan thaharah masjid disamping menyongsong bulan suci Ramadan juga memotivasi masyarakat agar melakukan upaya yang sama di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Marzuan menambahkan, kebersihan masjid dan musalla sangat penting untuk diperhatikan guna menciptakan kenyamanan dalam beribadah. 

"Bukankah kebersihan itu sebagian dari iman, kami himbau jemaah supaya tetap memelihara dan menjaga kebersihan masjid dan musallanya," pungkas Marzuan.

Selama kegiatan berlangsung tampak antusias dan semangat peserta dalam melaksanakan thaharah masjid. (fahmi) rzk