KUA Pasaman Ikuti Program Revitasasi

KUA Pasaman Ikuti Program Revitasasi

Pasaman Barat, Humas – Balai Nikah dan Sarana Manasik Haji, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pasaman, Pasaman Barat, merupakan satu dari 11 KUA di kabupaten ini, yang dipersiapkan sebagai Kementerian Agama tingkat kecamatan di kawasan ibkota kabupaten, sebagai lembaga pelaksana program revialisasi.

Secara nasional, Manteri Agama RI, didampingi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Kamaruddin Amin,mencanangkan dimulai dan disosialisasikannya program revitalisasi KUA secara nasional. Program ini merupakan, upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan KUA, sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat, guna meningkatkan kualitas umat beragama. 

Paling tidah, empat tujuan strategis dari revitalisasi KUA secara nasional, dan ditindaklajuti di setiap provinai hingga kabupaten/kota, seperti Pasaman Barat, yaitu Satu. Meningkatkan kualitas umat beragama, Dua. Memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, Tiga. Memperkuat program dan layanan keagamaan, Empat. Meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan. 

“Revitalisasi KUA, seperti di Pasaman Barat dan menetapkan KUA Kecamatan Pasaman jadi duta kabupaten, meliputi rehab fisik di setiap KUA model. Rehab fisik tersebut dilakukan seperti perubahan layout front office, layout, balai nikah, ruang konsultasi, dan sebagainya, kata Kepala Kantor, diwakili Kasi Bimas Islam, Ronaldi di Simpang Empat, Selasa (5/4).. 

Revitalisasi ini, ulasnya lagi, juga meliputi penyempurnaan standar pelayanan publik pada KUA Kecamatan, transformasi digital dan penguatan program capacity building, terhadap petugas-petugas di KUA model, seperti penghulu dan penyuluh, dengan melibatkan stakeholder terkait di wilayahnya. 

Dijelaskan Muhammad Nur, untuk program penguatan kompetensi petugas di KUA, seperti  warga KUA Kecamatan Pasaman, pihaknya melakukan sejumlah bimbingan teknis (bimtek), seperti bimtek jejaring lokal, bimtek moderasi beragama berbasis keluarga di aula kantor urusan agama bersangkutan.

Selain itu, tambah Muhammad Nur, Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang layanan prima, bimtek revitalisasi KUA melalui program dan layanan bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat. Dakhiri dengan bimtek administrasi dan pengamanan aset wakaf dan terakhir bimtek standar penyuluh agama Islam dukungan revitalisasi KUA,

Kepala KUA Kecamatan Pasaman, Zulfikar, menyampaikan, dalam duia digital atau pelaksanaan program digitalisasi, pihaknya telah membuka portal berita kegiatan layanan, program kelembagaan, dan hal-hal lain, berkaitan dengan pemanfaatan sekaligus pengepektivan fasilitas digital yang ada, selanjjutya terus diberdayakan warga KUA.

“Insya Allah, dirinya bersama keluarga besar KUA Kecamatan Pasaman, siap melaksanakan sekaligus menindaklanjuti dijadikannya kantor urusan agama di kawasan ibukota kabupaten ini, sebagai lembaga yang melaksanakan program revitalisasi KUA sekaligus menjadi duta Paman Barat ke tingkat provinsi dan nasional” akhirnya. (zar)