Pokjaluh Kemenag Kota Pariaman Berbagi Takjil Dengan Warga Binaan

Pokjaluh Kemenag Kota Pariaman Berbagi Takjil Dengan Warga Binaan

Pariaman, Humas--Setiap tahunnya, ada satu bulan yang pasti selalu dirindukan oleh setiap umat Muslim di seluruh belahan dunia,  bulan Ramadhan. Bulan yang mewajibkan kita sebagai umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa yang merupakan rukun Islam ketiga yang diwajibkan kepada umat muslim untuk menjalankannya. Ramadhan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter bagi seorang Muslim karena ia menjadi semacam ‘pesantren’ bagi umat Islam untuk mendidik pribadi mereka sesuai ajaran agama.

Sebagai bulan suci bagi umat Muslim, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Inilah saat yang tepat untuk terus meningkatkan amal dan perbuatan dalam hal kebaikan dengan mengharapkan pahala dan ridho-Nya,  karena dibulan Ramadan ini setiap amal dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan  Rasul akan digandakan nilai pahalanya. Oleh karenanya, tak heran jika setiap muslim akan semakin meningkatkan amal ibadah mereka – baik yang wajib maupun yang sunnah.

Ada beberapa hal cara bagi kita untuk meningkatkan ibadah habluminannas dalam memberikan manfaat bagi orang lain. Di antaranya adalah dengan membagikan makanan untuk berbuka atau sahur bagi mereka yang membutuhkan, dan menyisihkan sebagian harta untuk zakat, infaq, dan sedekah.

Hal inilah yang dilakukan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kankemenag Kota Pariaman  berbagi nasi bungkus dan nasi kotak untuk berbuka kepada Warga  Binaan   Lapas Kelas IIB Pariaman, Sabtu (15/4) sore.

Berbagi atau takjil ini diserahkan langsung oleh Ketua Pokjaluh, Rita Royani kepada Ka Lapas Kelas II.B Pariaman Effendi, yang disaksikan langsung oleh rekan-rekan penyuluh lainnya dan petugas dari Lapas sendiri.

Pada kesempatan ini Rita menyampaikan pada Effendi bahwa ini adalah berbagi  kali ke tiga  di bulan Ramadhan setiap tahunnya, dan untuk kali ini adalah yang terbanyak dari sebelum nya yaitu sebanyak 232 nasi bungkus dan nasi kotak, melebihi dari binaan kami sekitar 200 orang, alhamdulillah.

“Dan ini adalah berkat sumbangsih dari kawan-kawan Agama, mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dan pahala yang berlipat ganda. Semangat inilah yang membuat kami untuk berfastabiqul khairat di bulan Ramadhan,” ujar Rita lagi.

Kepala  Lapas Kelas II B Pariaman Effendi mengucapkan terima kasih  kepada Pokjaluh Kankemeng Kota Pariaman.

"Semoga apa yang telah diberikan hari ini kepada warga binaan dibalas pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT,” ujar Effendi haru.

“Saya sebagai Kepala Lapas Kelas II B Pariaman cukup terharu dengan takjil yang diberikan oleh Penyuluh Agama Kankemenag Kota Pariaman.  Ini  artinya Penyuluh-Agama ini  telah menjadikan Warga Binaan sebagai saudaranya sendiri, sehingga ia bisa menghibur saudara-saudaranya ini dengan berbagi nasi bungkus untuk buka bersama,” ungkap Efendi lagi.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Rinalfi berikan  apresiasi atas inisiatif Penyuluh Agama yang tergabung dalam Pokjlauh yang telah mau berbagi rezki berupa  takjil kepada warga Binaan Lapas Kelas II B Pariaman.

“Semoga segala sedekah, infak dan sumbangan yang diberikan ini dinilai ibadah di sisi Allah Swt dan diberi pahala yang berlipat ganda, apalagi sekarang bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah,”ujar Rinalfi berkharisma.

Rinalfi yang baru lebih kurang dilantik dan menjabat sebagai Kakan Kemenag Kota Pariaman cukup salut dengan kiprah dan kinerja Penyuluh Agama Kota Pariaman. “Semoga ke depannya hal ini dapat dilanjutkan dan dipertahankan,” ujarnya mengakhiri.(Is/Rita)