Baznas Pasaman Barat, Salurkan Bantuan Dana Konsumtif

Baznas Pasaman Barat, Salurkan Bantuan Dana Konsumtif

Pasaman Barat, Humas-–Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, mengakui, penyaluran dana konsumtif kepada mereka yang berhak menerima secara langsung, seperti dilaksanakan Badan Amil Zakat dan Sadaqah (Baznas) Pasaman Barat saat ini, adalah kesempatan epektif dan tepat.

“Dalam suasana Ramadhan saat ini, masyarakat membutuhkan perhatian dan penyaluran bantuan dari siapa saja, termasuk melalui Baznas Pasaman Barat, sehingga di akhir bulan puasa ini mereka tetap ceria dan sukses menjalankan rutiniatas dan pemenuhan kebutuhan hidup masing-masing”, kata Muhammad Nur, di ruang kerjanya, Simpang Empat, Senin (18/4).

Penyaluran dana konsumtif yang dikelola Baznas Pasaman Barat, selanjutnya diserahkan kepada mereka yang berhak secara langsung di setiap kenagarian, ulasnya, bukan saja sebatas menjalankan program kerja Baznas. Penyaluran bantuan ini, salah satu jawaban dari kondisi dan keterbatasan yang dirasakan masyarakat.

Hari ini, ulas kepala kantor itu, pengurus Baznas dan dihadiri pihak terkait menyalurkan dana konsumtif kepada yang berhak menerima beberapa kecamatan, seperti di Mesjid Raya Al-Manaar Paraman Ampalu, untuk masyarkat Nagari Rabi Jonggor di Kecamatan Gunung Tuleh, dan Mesid Raya Sungai Aur untuk warga Kecamata Sungai Aur.

“Walau jumlah dana yang diterima warga di setiap nagari, masih jauh dari ukuran idealnya. Namun, bantuan dimaksud tentu bisa dimanfaatkan dengan maksimal, dan agar tidak terjadi kesenjangan dalam pemanfaatannya, harus  jelas dan tepat pengelolaannya, sehingga kebutuhan keluarga bersangkutan bisa maksimal”, katanya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Gunung Tuleh, Jufri, dan Pl. Walinagari Rabi Jonggor, Niswan Adil, di Paraman Ampalu menyampaikan, tanpa terasa ibadah puasa yang dilaksanakan telah separoh. Semntara kebutuhan Ramadhan dan menghadapi hari raya Idul Fitri, juga terus bertambah. Untuk itu, manfaatkan bantuan yang disalurkan melalui Baznas Pasaman Barat, dengan maksimal.

Ketua Baznas Pasaman Barat, Muhajir, menyampaikan, sebagai pengelola dana zakat infak dan sadaqah yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemeritah daerah, instansi vertikal, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), bersama pihak terkait lain. Setiap tahunya disalurkan kepada siapa saja yang berhak, sesuai standard an ketentuan berlaku.

Setiap bulan Ramadan, imbuhnya, melalui penyaluran dana konsumtif kepada yang berhak, bukan saja sebatas meringankan beban para mustahiq (penerima), tapi upaya nyata membantu dan menyejukkan hati mereka. Dalam suasana Ramadhan saat ini yang diutamakan adalah memperbanyak ibadah, amalan dan mendekatkan diri kepada Yang Maka Kuasa. (zar)