Ujian Dinas, Ikhtiar Melahirkan ASN Profesional

Ujian Dinas, Ikhtiar Melahirkan ASN Profesional

Sarilamak, Humas -- Ujian Dinas tingkat I merupakan syarat bagi ASN yang akan dipertimbangkan kenaikan pangkat ke golongan yang lebih tinggi. Kegiatan tersebut diperuntukan bagi ASN yang berpangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d  disamping memenuhi persyaratan lain yang telah ditetapkan.

Hal tersebut ditegaskan H. Irwan, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota disaat membuka secara resmi kegiatan Ujian Dinas tingkat II dijajaran Kemenag Lima Puluh Kota (25/04) di Aula VIP Kemenag Lima Puluh Kota.

Lebih lanjut Kakan Kemenag memastikan, "Pelaksanaan Ujian Dinas dilaksanakan secara transparan dan objektif dengan mengunakan sistem CAT (Computer Assessment Test) mulai dari pembagian soal, pemeriksaan serta kelulusan dilakukan melakui sistem CAT yang dikelola oleh Kementerian Pusat. Oleh sebab itu saya berharap agar seluruh peserta dapat mentaati serta mengikuti seluruh SOP kegiatan secara baik, agar hasil ujianya juga baik,” jelas Kakan Kemenag.

Kakan Kemenag juga mengingatkan, “Ujian Dinas tidak hanya sekedar kegiatan formalitas persyaratan kenaikan pangkat pindah golongan bagi ASN, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mengukur kompetensi serta kemampuan ASN yang diharapkan terus meningkat sehingga melahirkan ASN yang profesional dan handal," harap alumni IAIN Imam Bonjol ini.

Disisi lain Kakan Kemenag memaparkan, “Kemajuan teknologi informasi telah merubah hampir seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali layanan pemerintah yang dilaksanakan oleh ASN. Oleh sebab itu saya berharap agar seluruh ASN Kemenag Lima Puluh Kota untuk terus melahirkan inovasi serta terobosan yang dapat meningkatkan kualitas layanan umat secara terukur."

"Terkahir atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaikan ucapan terimaksih serta apresiasi kepada panitia dan seluruh peserta yang telah ikut aktif mensukseskan kegiatan strategis ini, mudah-mudahan melahirkan hasil terbaik bagi ASN dan tentunya juga harus benilai manfaat dalam upaya meningkatkan kualitas layanan Kemenag yang kita cintai ini," simpul H. Irwan.

Data yang dihimpun dari panitia, kegiatan ujian dinas diikuti oleh 12 orang peserta. Dengan materi ujian meliputi, pengetahuan tentang Undang-Undang Dasar, Pancasila, kebijakan Pemerintah, Korrpi, Undang-Undang Kepegawaian, Pengetahuan Administrasi Perkantoran dan lainya. (APP)