H. Irwan, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota: Zakat Fitrah Simpul Kemanusian

H. Irwan, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota: Zakat Fitrah Simpul Kemanusian

Sarilamak, Humas--Zakat fitrah adalah kewajiban bagi umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda. Zakat fitrah dikeluarkan untuk menyempurnakan ibadah di bulan Ramadan dan segala amal kebaikan. Hal tersebut kembali diingatkan H.I rwan, Kakan Kemenag Lima Puluh Kota (21/04) saat menyalurkan zakat fitrah dan santunan anak yatim di Mushalla Amanah Kemenag Lima Puluh Kota.

Lebih lanjut Kakan Kemenag menjelaskan, ”Zakat fitrah yang dibagikan hari ini untuk mustahik yang tinggal di sekitar Kantor Kemenag Lima Puluh Kota seluruhnya berasal dari Zakat Fitah ASN Kemeng Lima Puluh Kota.”Kebaikan yang ditebar hari ini, jangan dilihat dari jumlah yang ada, mari jadikan ibadah zakat fitrah sebagai simpul pengikat kebersamaan dan persaudaran seiman," harap Kakan Kemenag.

“Saya berharap semoga penyaluran zakat fitrah dan santunan anak yatim ini dapat membantu masyarakat untuk menikmati suasana hari kemenangan, namun perlu saya ingatkan bahwa esensi dari idul fitri bukanlah bermewah-mewahan, apa lagi sampai terseret ke hal-hal yang mubazir, mari kita rayakan idul fitri dengan gembira sebagai tanda kita pemenang dengan tetap menjaga subtasi kemengan itu sendiri," jelas H. Irwan.

Menukuk Kakan Kemenag menegaskan bahwa Zakat fitrah atau yang sering  disebut juga sebagai zakat diri wajib dikeluarkan oleh setiap muslim, bagi mereka yang masih dalam tanggungan orang lain maka zakatnya menjadi kewajiban penanggungnya. Mendalam disampaikan Zakat merupakan ibadah dalam Islam yang memiliki dimensi sosial-ekonomi.

Dihubungi terpisah, Wati (60) salah satu penerima zakat fitrah tampak sumringah, senyum merekah tanda kebahagiaan terukir saat menerima Zakat Fitrah dari Kemenag Lima Puluh Kota. Tak henti-hentinya Wati mengucapkan terima kasih.

"Alhamdulillah, terima kasih Kemenag Lima Puluh Kota yang selalu peduli pada masyarakt sekitar, yang selalu memberikan kebahagiaan pada kami," ujar Wati.

Data yang diolah dari panitia penyaluran Zakat fitrah, tercatat 30 mustahik yang menerima Zakat Fitrah serta, 12 orang anak yatim yang menerima santunan anak yatim.(APP)