Diguyur Hujan, Pelaksanaan Shalat Idhul Fitri dialihkan ke Mesjid Raya

Diguyur Hujan, Pelaksanaan Shalat Idhul Fitri dialihkan ke Mesjid Raya

Padang, Humas--Hujan yang turun secara tiba tiba membuat jemaah Shalat Idhul fitri 1443 H/ 2022 M di halaman Kantor Gubernur Sumbar serempak bubar dan mencari tempat teduh, Senin (02/05).

Panitia Hari Besar Agama Islam (PHBI) gerak cepat berkoordinasi dan mengambil kesepakatan pelaksanaan Shalat Idhul Fitri dipindahkan ke alternatif kedua.

Panitia mengumumkan bahwa dikarenakan faktor cuaca maka pelaksanaan Shalat dipindahkan ke Mesjid Raya Sumbar dengan waktu tenggang hingga pukul 08.00 WIB.

Bagi jemaah yang datang menggunakan kendaraan roda empat langsung berpindah menuju Mesjid Raya Sumbar, sementara yang menggunakan kendaraan roda dua masih menunggu hingga hujan sedikit reda. Sekaitan dengan hal ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumateta Barat, H. Helmi usai pelaksanaan Shalat menyampaikan kepada humas bahwa panitia sudah mempersiapkan segala sesuatunya, tentu saja dalam setiap hal alternatif kedua itu selalu ada. Dan ini adalah salah satunya.

"Melihat dari subuh cuaca sedikit mendung, kami sudah kira akan turun hujan, tapi karena diawal sudah disepakati akan dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur maka tentu saja kita ikuti, dan akhirnya karena memang faktor alam yang tidak bisa dihindari dan sudah persetujuan Bapak Gubernur maka pelaksanaanya di pindahkan," terang Helmi.

Kakanwil yang hadir shalat bersama Isteri, Ketua DWP. Kanwil Kemenag Sumbar, Ny. Nazifa Helmi menambahkan bahwa semua sudah dikondisikan saat rapat persiapan sebelum hari "H" tentu saja panitia sudah mengantisipasi dan mempersiapkan segala sesuatunya.

"Alhamdulillah meski diguyur hujan lebat, namun pelaksanaan Shalat Idhul Fitri 1443 H, 2020 M sukses dan lancar. Karena sekarang akses mudik sudah terbuka lebar kita bisa lihat Jemaah yang hadir sungguh ramai," usai Kakanwil.

Bertindak sebagai Khatib Shalat Ied, Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi. Sedangkan Imam adalah H. Albizar. Wakil Gubernur, Audy Joinaldi turut hadir beraama Sekda Sumbar, Hantasari. [Dw]