Momen Salat Ied, Ramza Husmen Sampaikan 125 Calon Jemaah Haji Payakumbuh Berangkat Tahun Ini

Momen Salat Ied, Ramza Husmen Sampaikan 125 Calon Jemaah Haji Payakumbuh Berangkat Tahun Ini

Payakumbuh, Humas--Ribuan masyarakat Kota Payakumbuh tumpah ruah mengikuti Shalat Idul Fitri 1443 H yang digelar Pemko Payakumbuh di halaman Kantor Walikota Payakumbuh,Senin (2/5/2022).

Pelaksanaan Shalat Ied tampak dihadiri Walikota Payakumbuh Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi,Ketua DPRD Hamdi Agus, Sekdako H. Rida Ananda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Ramza Husmen,Asisten III Setdako Payakumbuh Amriul Dt. Karayiang serta pimpinan OPD.Bertindak sebagai Imam Shalat Ied adalah Syaikh Al-Muqri Sa'ad Khanbari dari Yaman dan Khatib H. Muslim M.Yatim (Anggota DPD RI).

Kakan Kemenag Kota Payakumbuh H. Ramza Husmen dalam sambutannya menyampaikan tentang tupoksi Kementerian Agama Kota Payakumbuh dalam penyelenggarana kegiatan keagamaan terutama dalam pengamatan hilal atau melihat bulan dalam penetapan awal Ramadhan dan penetapan awal Syawal serta tentang penyelenggaraan ibadah haji.

"Untuk tahun 2022 ini InsyaAllah 125 Calon Jama'ah Haji  asal Kota Payakumbuh akan kita berangkatkan menuju tanah suci,mari sama-sama kita berdo'a kepada Allah untuk kelancaran keberangkatan Calon Jemaah Haji kita ini.Terkait Rukhiyatul Hilal penetapan awal Ramadhan dan penetapan awal syawal 1443 H melalui Badan Hisab Rukhyat kita telah melakukan Rukhiyatul Hilal dan kita berharap tidak ada lagi perdebatan dalam pelaksanaan puasa dan pelaksanaan idul fitri,mau puasa 29 atau 30 itu sesuai dengan keyakinan kita masing-masing."pungkas H. Ramza Husmen.

Diakhir sambutannya H. Ramza Husmen mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang selalu mendukung dan perhatian dengan seluruh kegiatan keagamaan yang ada di Kota Payakumbuh.

Sementara Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dalam sambutannya mengajak jama'ah untuk menjaga nilai tarbiyah Ramadhan.

"Alhamdulillah sebulan penuh kita melaksanakan ibadah puasa,sebulan penuh kita ditempa dengan madrasah Ramadhan tentu kita berharap derajat takwa yang dijanjikan Allah SWT bisa kita raih secara bersama-sama,untuk itu hasil dari tarbiyah Ramhadan bisa kita tingkatkan pada bulan Syawal dan bulan-bulan berikutnya."ujar H.Riza Falepi.

Terkait dengan akan berakhirnya masa tugas sebagai Walikota,H. Riza Falepi juga menyampaikan bahwa momentum Idul Fitri sekarang ini merupakan momentum Idul Fitri terakhir sebagai Walikota Payakumbuh.

"Momentum Idul Fitri ini merupakan momentum Idul Fitri terakhir sebagai Walikota Payakumbuh.Selama hampir 10 tahun ini suka duka dalam membangun Kota Payakumbuh telah kita lewati secara bersama. Sesuai dengan target yang tertuang dalam Visi Misi secara umum telah dapat kita capai namun jujur kita akui ada satu target yang belum tercapai walaupun secara proses telah kita lakukan yaitu rencana pembangunan Masjid Raya Kota Payakumbuh yang tanahnya seluas 5 Hektar telah dibebaskan."terang Walikota.

Sementara dalam Khutbahnya yang berjudul "Ramadhan Membentuk  Generasi Baru" H. Muslim M. Yatim menyampaikan hubungan kesholehan dan ketakwaan.

"Ramadhan akan melahirkan generasi yang baru yaitu generasi yang bertakwa kepada Allah SWT yang gambarannya adalah shaleh dan Mushlih.Puasa mengajarkan kita untuk jujur kepada diri karena orang beriman akan meyakini bahwa Allah akan melihat setiap apa yang dikerjakan baik itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk,Tampilan seseorang akan menggambarkan keshalehannya,baik itu cara bicara,sikap maupun tingkahlakunya."sebut H.Muslim.

Diakhir khutbahnya Khatib mengajak jamaah untuk menghisab diri,karena selama Ramadhan kita telah dilatih untuk disiplin dan jujur maka diluar Ramadhan tingkat keshalehan tetap bisa dipertahankan.(Algeri)