Pendampingan 2.093 Jemaah, Kemenag Sumbar Lakukan Seleksi Petugas Haji Daerah

Pendampingan 2.093 Jemaah, Kemenag Sumbar Lakukan Seleksi Petugas Haji Daerah

Foto Musim Haji 2019 di Asrama Haji Embarkasi, Tabing Padang (foto Rina)

Padang, Humas—Proses persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1443H masih terus berjalan. Setelah menerima kuota haji sebanyak 2.093 jemaah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan seleksi Petugas Haji Daerah.

Menyikapai hal ini Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H. Joben menggelar rapat koordinasi dengan Biro Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Pemprov Sumbar, Jumat (6/5) di Aula Kantor Gubernur.

Rapat ini membicarakan persiapan seleksi Petugas Haji Daerah (PHD) yang akan mendampingi Kloter jemaah haji 1443H/2022M. Rapat diikuti Kabiro Kesra,  Irsyad beserta jajaran dan Kabid PHU didampingi Subkoor Bina Haji Zilwadi, Subkoor Bina Umrah dan Haji Khusus Ulil Amri, Prakom Yudi Hidayat dan JFU Seksi Bina Haji Rina Elfiza.

Pada kesempatan itu, Kabid PHU menyampaikan proses rekrutmen petugas haji daerah ini sudah dimulai sejak hari ini, Jumat 6 Mei 2022. Dimana Bagian Kesra Pemprov Sumbar sudah menerima usulan peserta dan menyeleksi PHD dari Pemda kabupaten Kota serta Provinsi.

Sementara pada tanggal 9 Mei lanjut Joben Pemprov Sumbar menyerahkan nama peserta yang telah direkomendasikan gubernur untuk mengikuti seleksi PHD kepada Kanwil Kemenag Sumbar.

“Di hari yang sama Senin tanggal 9 Mei, Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumbar akan membuatkan akun pendaftaran untuk masing-masing peserta,” ungkap Joben.

Selanjutnya kata Joben pada tanggal 10 Mei seluruh peserta akan mendaftarkan diri melalui akun yang telah disediakan dan mengupload semua bahan sesuai persyaratan yang telah ditetapkan. Peserta yang dinyatakan lulus administrasi akan mengikuti ujian CAT dan wawancara pada tanggal 12 Mei di Kanwil Kemenag Sumbar.

“Hasil seleksi Petugas Haji Daerah ini akan diumumkan pada tanggal 12 Mei setelah tes wawancara selesai,” ulas Joben didampingi Subkoor dan JFT/JFU Bidang PHU.

Dikatakan Kabid PHU, peserta yang lulus akan mengisi formasi layanan umum dan kesehatan. Masing-masing Kloter (Kelompok terbang) akan diisi dua orang PHD. Bagi peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti Bimtek sebagai bekal menjadi petugas haji daerah.

Sementara itu Kepala Biro Kesra, Irsyad mengatakan tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mengirimkan 20 nama yang akan mengikuti seleksi petugas haji daerah yang akan mendampingi Jemaah haji 1443H ke Tanah Suci.

“Tahun ini Kita menerima 10 kuota petugas haji daerah. Setelah melakukan seleksi dari masing-masing kabupaten kota dan Provinsi. Kita akan mengirimkan 20 nama yang sudah menerima rekomendasi dari Gubernur. Hasil seleksi inilah yang kita kirim untuk mengikuti seleksi di Kanwil Kemenag Sumbar,” tuturnya.

“Untuk teknis seleksi dan segala persyaratan, selanjutnya kita serahkan ke Kanwil Kemenag. Kita akan menerima nama-nama dari hasil seleksi yang berhak mendampingi jemaah haji ke tanah suci. Mudah-mudahan petugas yang lulus bisa mendampingi jemaah dengan baik,” pungkas Kabiro Kesra.

Sampai berita ini diterbitkan Kanwil Kemenag Sumbar masih menunggu Keputusan Menteri Agama untuk proses persiapan penyelenggaraan ibadah Haji 1443H. RinaRisna