Apel Pagi Pasca Cuti Bersama: Kakanwil Ajak ASN Maknai Idul Fitri, Tingkatkan Taqwa dan Kinerja 

Apel Pagi Pasca Cuti Bersama: Kakanwil Ajak ASN Maknai Idul Fitri, Tingkatkan Taqwa dan Kinerja 
Apel Pagi Pasca Cuti Bersama: Kakanwil Ajak ASN Maknai Idul Fitri, Tingkatkan Taqwa dan Kinerja 
Apel Pagi Pasca Cuti Bersama: Kakanwil Ajak ASN Maknai Idul Fitri, Tingkatkan Taqwa dan Kinerja 
Apel Pagi Pasca Cuti Bersama: Kakanwil Ajak ASN Maknai Idul Fitri, Tingkatkan Taqwa dan Kinerja 

Padang (Humas)- Libur Hari Raya Idul Fitri 2022 kali ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Berbagai kebijakan dan keputusan penting diambil seiring dengan pertimbangan menyikapi wabah pandemi Covid-19. Pasca cuti bersama, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melaksanakan apel pagi dan masuk kerja pertama usai libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Momentum ini, sekaligus juga momen silaturahmi serta syawalan sekaligus untuk pengecekan aparatur selama liburan Idul Fitri, Senin 09 Mei 2022 di halaman parkir Kanwil Kemenag Sumbar.

Kepala Kantor Wilayah H Helmi mengawali amanatnya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin dihadapan peserta apel sekaligus mengapresiasi kehadiran para aparatur pada apel pagi. 

"Kami atas nama seluruh jajaran pimpinan mengucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum taqabbal yaa kariim, Minal Aidin Wal Faidzin." Ucap Kakanwil.

Menurut Kakanwil saling memaafkan itu dimaknai sebagai pengakuan bahwa setiap manusia pernah bersalah. "Hanya orang yang sombong yang tidak mau memaafkan atau pun yang meminta maaf. Karena sebagai manusia, fithrahnya kita banyak lupa dan khilaf," sebutnya. 

Dalam amanatnya, Kakanwil mengajak pegawainya untuk memaknai pergantian Bulan Ramadan ke Bulan Syawal sebagai spirit booster.

Menyinggung pelaksanaan tugas dan fungsi H Helmi mengingatkan beberapa evaluasi dan target yang akan dihadapi dalam waktu dekat.

Pertama, pihaknya mengaku bersyukur, sudah menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya hingga merayakan hari kemenangan umat Islam di seluruh dunia.

"Alhamdulillah, kita sukses mengendalikan hawa nafsu, kita sukses melaksanakan pendidikan dan pelatihan selama Ramadan ini. Baik itu secara fisik maupun non fisik," Jelasnya.

Untuk itu, Kakanwil berharap kesuksesan itu berlanjut kepada sukses berikutnya dalam setiap aspek kehidupan, tak terkecuali sukses dalam peningkatan target kinerja dan rencana kerja, juga akselerasi realisasi anggaran.

Kedua, dalam arahannya Kakanwil mengingatkan terkait pelaksanaan jam kerja pasca lebaran. "Tentu kami ingatkan kembali jam kerja kembali normal. Biasanya selama Ramadan kita masuknya pukul 08:00 kemudian jam pulang pada pukul 15:00 Senin-Kamis, dan Jumat 15:30. Sekarang kembali seperti biasa, masuk pukul 07:30 dan keluar pukul 16:00 WIB," ujarnya.

Ketiga, Kakanwil juga mengharapkan pelaksanaan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1443 H bisa sukses dan lancar. "Kita perlu mempersiapkan dalam tiga bulan kedepan, ini adalah tantangan bagi kita semua, khususnya kawan-kawan aparatur di Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumbar dan seluruh jajaran ASN Kanwil Kemenag Sumbar. Setidaknya sebagai pemberi edukasi dan sosialisasi regulasi dan kebijakan pelaksanaan haji kepada masyarakat," Terangnya.

H Helmi mengaku bersyukur dengan kuota haji yang diberikan untuk jemaah Indonesia.

"Kita perlu bersyukur, untuk skala dunia saja, Indonesia paling banyak mendapatkan kuota jemaah dan bahkan kita lebih awal diberangkatkan," tambahnya.

Di penghujung amanat, Kakanwil juga mengingatkan aparatur untuk kembali beraktivitas dengan penuh semangat.

"Mari kita kembalikan semangat untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai ASN untuk mencapai target-target kinerja dan realisasi anggaran," katanya.

Usai pelaksanaan apel, seluruh jajaran Pimpinan dan aparatur bersilaturahmi saling memaafkan dan berjabat tangan, memasuki waktu yang baru dalam rangka pelaksanaan tugas sehari-hari.(vera)