Siswa MAN Sawahlunto Masuk Final KOSSMI Tingkat Nasional

Siswa MAN Sawahlunto Masuk Final KOSSMI Tingkat Nasional

Sawahlunto, Humas-- Muhammad Fauzan Ramadan, Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sawahlunto berhasil masuk final pada Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI) bidang Biologi tingkat SMA/MA tingkat Nasional yang digelar secara online belum lama ini. 

"Alhamdulillah siswa kita masuk final sekaligus mewakili Sumatera Barat pada KOSSMI tahun ini," kata Muhammad Yustar, Kepala MAN Sawahlunto, Rabu (11/5).

Ia mengungkapkan, untuk melaju ke babak final, peserta harus melewati bebedapa tahapan yang telah dimulai sejak Februari kemaren.

"Tahap penyisihan, siswa kita mengikuti mata pelajaran sains, matematika, fisika, kimia, biologi dan informatika," ujarnya.

Lebih lanjut sebut Yustar, dari sebanyak itu bidang diikuti, satu diantaranya berhasil lolos masuk final dan berhak mengikuti babak penentuan juara secara offline di Jakarta bulan depan.

Terkait hal demikian, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto Dedi Wandra menghimbau kepala madrasah beserta majelis guru agar terus memberi semangat dan motivasi kepada siswa bersangkutan sehingga bisa meraih peringkat terbaik.

"Ini adalah peluang bagi MAN Sawahlunto mengangkat dan mengharumkan nama madrasah di kancah Nasional," pungkasnya.

Untuk diketahui, KOSSMI adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan ini menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spritual.

Memanfaatkan teknologi digital berupa Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial untuk mengukur dan menguji integritas peserta.
Sejumlah bidang yang dilombakan pada jenjang Ibtidaiyah yakni Matematika dan Sains IPA terintegrasi.

Untuk tingkat Tsanawiyah terdapat tiga bidang lomba yaitu Matematika, IPA dan IPS terpadu terintegrasi.

KOSSMI bertujuan meningkatkan kualitas siswa muslim melalui penumbuhkembangan motivasi meraih prestasi. Selain mengembangkan minat bakat, KOSSMI menyediakan ruang bagi siswa muslim baik yang bersekolah di madrasah, pesantren, sekolah umum dan Homeschooling.  

Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua bidang yaitu Matematika dan IPA. Setiap bidang yang akan dilombakan dibagi menjadi empat level, yaitu :
Level 1. Ibnu Sina (kelas 1-3 SD/MI/Sederajat)L

Level2. Alkhawarizmi (kelas 4-6 SD/MI/Sederajat)

Level 3. Jabir Ibnu Hayyan (kelas 7-9 MTs/SMP/Sederajat.LL

Level 4. Ibnu Haitham (kelas 10-12 MA/SMA/Sederajat). (fahmi) rzk